Pandemi Covid-19, Pemkab Gowa Galakkan Gerakan Sehat Lewat Donor Darah

Gowa, SULSELSEHAT.COM — Rutin melakukan donor darah memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan diri. Salah satunya dapat menjaga kadar zat besi yang dapat memperbaiki tingkatan imun seseorang.

Hal ini penting, terutama di tengah-tengah pandemi virus corona atau Covid-19 dimana tubuh diharapkan untuk tetap sehat.

JANGAN LEWATKAN :

Pemerintah Kabupaten Gowa pun mulai kembali aktif melakukan gerakan donor darah di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di era adaptasi kebiasaan baru dengan bekerjasama Palang Merah Indonesia (PMI).

BACA:  Tim Gugus Covid-19 Makassar Tindaki Cepat Karyawan Restoran yang Tak Patuh Protkes

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa Syamsuddin Bidol mengatakan, Pemkab Gowa mulai kembali aktif melakukan donor darah untuk masyarakat, ASN dan Forkopimda usai pembukaan kembali aktivitas berkantor di era pandemi Covid-19.

“Kegiatan donor darah ini memang sudah kita lakukan sejak dulu secara rutin. Ini bagian gerakan mengajak masyarakat dan pegawai untuk tetap hidup sehat, apalagi di tengah pandemi Covid-19,” katanya, Selasa (15/12/2020).

Khusus dalam kegiatan yang berlangsung di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa ini pihaknya berhasil mengumpulkan126 kantong darah.

“Alhamdulillah hari ini kami mengumpulkan 126 kantong darah dari 143 calon pendonor yang terdaftar. Ada 7 orang gagal melakukan donor darah dan 10 orang tidak melanjutkan pemeriksaan,” katanya.

BACA:  Sulsel Dinilai Capai Target Testing Covid-19 Sesuai Standar WHO

Pasalnya, sebelum melakukan donor darah peserta terlebih dahulu menjalani pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir, dan menjalani pengecekan kadar hemoglobin (Hb) dan tekanan darah.

“Jika suhu tubuh calon donor kurang dari 37,50 C, proses donor darah bisa dilanjutkan. Namun jika suhu tubuhnya 37,50 C ke atas, calon donor akan ditolak,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Gowa yang juga Ketua PMI Kabupaten Gowa Abd Rauf Malaganni berharap kegiatan donor darah ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Kita juga berharap dengan donor darah yang kita lakukan ini bisa menambah ketersediaan kantong darah di Sulawesi Selatan,” harapnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT