Menuju UTBK Unhas, 46 Dokter Terlibat Sebagai Relawan Covid-19

Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 Tenaga Relawan pada Pelaksanaan UTBK Unhas 2020
Suasana Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 Tenaga Relawan pada Pelaksanaan UTBK Unhas 2020, Jumat (3/7). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Sebanyak 46 dokter yang akan terlibat sebagai Relawan Covid-19 pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Hasanuddin, Makassar.

 

Total dokter yang terlibat antara lain 27 dokter residen, 19 dokter umum, dan puluhan tenaga umum. Relawan Covid-19 untuk UTBK Unhas dibentuk atas kerja sama antara Satgas Covid-19 Unhas dengan Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Muh. Restu mengatakan, dibentuknya tim Relawan Covid-19 ini sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan Unhas dalam menyelenggarakan UTBK di masa pandemi.

“Untuk itu, kami membentuk Relawan Kesehatan ini, yang terdiri dari dokter spesialis, dokter residen, dan mahasiswa profesi kedokteran,” katanya di sela-sela Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 Tenaga Relawan pada Pelaksanaan UTBK Unhas 2020, Jumat (3/7).

Lanjutnya, ini pun menjadi inisiatif bersama untuk memastikan agar selama masa pelaksanaan ujian di Pusat UTBK Unhas, protokol pencegahan penularan Covid-19 benar-benar terjaga.

Sementara Ketua Satga Covid-19 IDI Kota Makassar, dr. M. Sakti menjelaskan, seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun ini merupakan sejarah baru, bukan saja di Kota Makassar, namun juga di Indonesia. Ujian yang berlangsung dalam situasi pandemi tentu memiliki tantangan yang tidak kecil.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi langkah Unhas yang begitu sigap memobilisasi sumber daya yang tersedia untuk memastikan ujian ini dapat terlaksana. Kami dari Satgas Covid-19 IDI Makassar dan relawan yang diberi amanah tentu siap mendukung kesuksesan UTBK Unhas,” kata dr. Sakti.

Dalam sosialisasi tersebut juga diisi materi terkait Pencegahan Transmisi Covid-19 oleh dr. Arif Santoso, yang dilanjutkan dengan materi tentang Teknis dan Alur Koordinasi dalam Penerapan Protokol Covid-19, oleh dr. Muhammad Phetrus Johan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT