Bebas Campak, Balita Usia 6 Hingga 59 Bulan Wajib Diberikan Vitamin A

Makassar, SULSELSEHAT — Februari dan Agustus ditetapkan sebagai bulan Vitamin A, pada bulan ini balita usia 6-59 bulan berhak mendapat asupan Vitamin A.

Hal ini dilakukan untuk menjamin balita dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, termasuk bebas dari campak.

“Dengan memberikan anak vitamin A diusia tersebut maka akan mengurangi komplikasi dari penyakit tertentu bagi balita seperti campak,” kata Dokter Spesialis Anak dr Indra saat dikonfirmasi Sulselsehat.com, Kamis (27/8/2020).

Menurutnya, pemberian vitamin A pada balita 6 hingga 59 bulan dinilai sangat penting terutama untuk menjaga kesehatan mata.

Selain itu membantu meningkatkan imunitas, serta membantu pertumbuhan pada balita.

“Viramin A ini sangat berperan dalam fungsi penglihatan, anak yang kurang asupan Vitamin A nya dapat menyebabkan buta senja. Selain itu mendukung pertumbuhan dan perkembangan balita sehingga balita bisa tumbuh lebih optimal,” ujarnya.

Vitamin A pada balita tersebut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagi penyakit akibat virus. Baik campak, diare, terutama virus corona atau Covid-19.

“Vitamin A ini dapat dikonsumsi balita kita melalui layanan posyandu. Dimana balita diberikan kapsul khusus sesuai usia balita, yaitu untuk usia 6 hingga 11 bulan diberikan kapsul biru dan untuk usia 12 hingga 59 bulan diberikan kapsul merah,” jelas dr Indra.

Tak hanya itu, vitamin A pada balita juga dapat diperoleh dari makanan bergizi seimbang. Di antaranya hewani dan nabati.

Untuk kandungan vitamin A pada hewani terdapat pada ikan, daging ayam, daging sapi, telur dan hati.

Sementara pada nabati antara lain sayuran hijau seperti bayam, wortel, daun kelor dan lainnya serta buah-buahan seperti tomat, pepaya dan lainnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT