7 Daerah Masuk Zona Merah Covid-19 di Sulsel, Pemerintah Diminta Tak Abai

Makassar, SULSELSEHAT — Tren penularan kasus virus corona atau Covid-19 di wilayah Sulawesi Selatan masih fluktuatif. Angka kasus harian pun masih pada kisaran 80 hingga 150 kasus.

Meski demikian berdasarkan perkembangan situasi Covid-19 di Sulsel masih terdapat sejumlah kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah penyebaran atau daerah dengan resiko tinggi. Antara lain Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Luwu Timur, Sinjai dan Sidrap.

JANGAN LEWATKAN :

Menurut Ketua Tim Konsultan Gugus Tugas Covid-19 Prof Ridwan Amiruddin, yang menyebabkan tujuh daerah tersebut menjadi zona merah ditentukan dari tiga indikator antara lain. Indikator epidemiologi yang dilihat dari perkembangan reproduksi efektif (Rt), indikator kesehatan masyarakat, dan indikator pelayanan kesehatan.

BACA:  Catat! Inilah 14 Kondisi yang Tak Bisa Divaksin Covid-19

“Hal ini dikarenakan penularan sudah terjadi pada tingkat komunitas yaitu interaksi ketat antara satu dengan orang lainnya. Tidak adanya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, dan peran pemerintah,” katanya kepada Sulselsehat.com, Kamis (27/8/2020).

Ia pun meminta agar pemerintah di masing-masing daerah yang masuk zona merah tersebut tetap melakukan penanganan yang ketat, sehingga tidak terkesan abai.

Apalagi Covid-19 ini menyerang tanpa memperhitungkan ras, umur, jenis kelamin, strata ekonomi, dan demografi wilayah sehingga mereka semua menjadi kelompok yang sangat rentan terpapar.

“Termasuk juga pelonggaran aktivitas harus tetap mendapatkan pengawasan yang ketat. Terutama seperti penerapan protokol kesehatan,” terang Pakar Epidemiologi Universitas Hasanuddin ini.

BACA:  Dalam 2 Hari Kasus Baru Covid-19 di Sulsel Bertambah 197

Seperti, lanjut Prof Ridwan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa. Ia tak menampik penanganan yang dilakukan sebagai upaya dalam menekan penularan Covid-19 sudah sangat maksimal, mulai dari mensahkan Perda Masker, Gerakan Sejuta Masker dengan melibatkan seluruh forkopimda, lurah dan desa serta lainnya.

“Kepedulian Bapak Bupti Adnan ini sangat baik sekali terhadap penanganan Covid-19, namun karena mobilitas penduduk kita, disiplin masyarakat kita ditambah daerah yang luas dan penyangga Kota Makassar maka masih Kabupaten Gowa memang sangat rawan menjadi zona merah,” jelasnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT