Ikuti APACPH Conference 2023 di Malaysia, Delegasi FKM Unhas Presentasikan 5 Hasil Penelitian

Delegasi FKM Unhas di APACH Conference 2023 Kuching, Malaysia.
Delegasi FKM Unhas di APACH Conference 2023 Kuching, Malaysia.

Kuching, SULSELSEHAT – Delegasi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) mengikuti 54th Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH) Conference 2023 di Kuching, Sarawak, Malaysia.

Konferensi yang mengusung tema “Transcending the new normal: Strengthening public health through education, research and collaboration” ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 delegasi dari 20 negara di kawasan Asia Pasifik.

JANGAN LEWATKAN :

Delegasi FKM Unhas terdiri dari Dekan FKM Unhas Prof. Sukri Palutturi, Wakil Dekan I FKM Unhas Dr. Wahiduddin, para dosen, dan mahasiswa S2 dan S3.

BACA:  Maret 2024, FKM Unhas Yudisium 75 Mahasiswa Sarjana, Magister dan Doktor

Pada konferensi tersebut, delegasi FKM Unhas memaparkan hasil penelitiannya melalui oral presentation dan poster presentation.

Hasil penelitian yang dipaparkan oleh delegasi FKM Unhas antara lain:

  • Dr. Hasnawati Amqam, SKM., M.Sc dengan judul “Exposure to Heavy metals, Cognitive Function, and Balance Disorders of Indonesian Pregnant Women”
  • Dr. Balqis Nazaruddin, SKM., M.Kes., MSc.PH dengan judul “The Role of Leadership in Cross-Sectoral Collaboration for the HIV-AIDS Program in South Sulawesi Province, Indonesia.”
  • Dr. Abdul Salam, SKM., M.Kes dengan judul “Prevalence and Determinants of Chronic Energy Deficiency Among Pregnant Women in Enrekang District, South Sulawesi Province, Indonesia.”
  • Ruslan La-Ane, SKM., M.Kes dengan judul “Heavy Metals Exposure and Risk Factors for Autism Spectrum Disorder (ASD) Among School Children in Makassar City, Indonesia.”
  • Suci Rahmadani, SKM., M.Kes dengan judul “The Relationship of Community Perception with COVID-19 Vaccine Participation at the Public Health Center.”
BACA:  Mitigasi Pandemi Covid-19 Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru jadi Tema Webinar FKM Unhas

Konferensi APACPH 2023 merupakan salah satu konferensi kesehatan masyarakat terbesar di Asia Pasifik.

Konferensi ini menjadi platform penting untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang kesehatan masyarakat, serta untuk mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan kesehatan masyarakat di kawasan ini.

Delegasi FKM Unhas di konferensi APACPH 2023 berhasil memukau para peserta dengan hasil penelitiannya yang inovatif.

Salah satu penelitian yang menarik perhatian adalah penelitian tentang hubungan antara paparan logam berat dengan gangguan spektrum autisme (ASD) pada anak-anak sekolah di Makassar.

Penelitian ini menunjukkan bahwa paparan logam berat dapat meningkatkan risiko terjadinya ASD pada anak-anak. Hal ini menjadi peringatan bagi masyarakat untuk lebih memperhatikan kualitas lingkungan dan makanan yang dikonsumsi.

BACA:  Sasar Remaja Putri SMPN 17 Makassar, Mahasiswa Magang Promkes FKM Unhas Lakukan Penyuluhan Anemia

Partisipasi delegasi FKM Unhas di konferensi APACPH 2023 merupakan langkah positif dalam meningkatkan kontribusi FKM Unhas dalam bidang kesehatan masyarakat.

Konferensi ini menjadi kesempatan bagi FKM Unhas untuk berbagi hasil penelitian dan berkolaborasi dengan para akademisi dan praktisi kesehatan masyarakat dari berbagai negara.

Keberhasilan delegasi FKM Unhas dalam memaparkan hasil penelitiannya menunjukkan bahwa FKM Unhas memiliki kualitas penelitian yang baik. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi FKM Unhas di kancah internasional. [rls]

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT