Catat! Inilah 14 Kondisi yang Tak Bisa Divaksin Covid-19

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pencanangan vaksinasi virus corona atau Covid-19 mulai dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Khusus di Sulawesi Selatan, vaksinasi dilakukan secara serentak di tiga daerah yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa mulai hari ini, Kamis (14/01/2020).

JANGAN LEWATKAN :

Dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini beberapa pihak yang terdaftar sebagai penerima vaksin terpaksa batal mendapatkan suntik vaksin tersebut.

Hal ini lantaran tidak memenuhi kriteria dan syarat yang disetujui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK 02.02/4/1/2021 Tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

BACA:  Akibat Pedoman Covid-19 Baru, Jumlah Spesimen yang Diperiksa BBLK Makassar Berkurang

Misalnya, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam hingga Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

“Jika dilihat dari kriteria kesehatan semua memenuhi syarat. Tekanan darah dan sebagainya semua baik, tetapi karena ada kerabat yang terkonfirmasi positif maka saya tidak bisa divaksin,” kata Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, usai melaunching Program Vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dadi Makassar, Kamis (14/1/2021).

Berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK 02.02/4/1/2021. Beberapa kondisi yang membuat vaksin Covid-19 tidak bisa diberikan, antara lain:

1. Apabila berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil >140/90
2. Pernah terkonfirmasi atau menderita Covid-19
3. Sedang hamil atau menyusui
4. Mengalami gejala ISPA, seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir
5. Ada anggota keluarga serumah yang kontak erat atau suspek atau konfirmasi atau sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19
6. Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah
7. Menderita penyakit jantung (gagal jantung atau penyakit jantung koroner)
8. Menderita penyakit autoimun sistemik (SLE atau lupus, Sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya
9. Menderita penyakit ginjal (penyakit ginjal kronis atau sedang menjalani hemodialysis atau dialysis peritoneal atau transplantasi ginjal atau sindroma nefrotik dengan kortikosteroid
10. Menderita penyakit Reumatik Autoimun atau Rhematoid Arthritis
11 Menderita penyakit saluran pencernaan kronis
12. Menderita penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun
13. Menderita penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais atau defisiensi imun, dan penerima produk darah atau transfusi
14. Menderita HIV dengan angka CD4 kurang dari 200 atau tidak diketahui.

BACA:  Saatnya Membagi Beban Rumah Sakit di Kota Makassar

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT