Takalar Siap Pertahankan Predikat Kabupaten Sehat Tahun 2021

Bupati Takalar Syamsari
Bupati Takalar Syamsari saat memberikan arahan di sela-sela Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Kabupaten Sehat, Rabu (13/1)). (Foto: Istimewa)

Takalar, SULSELSEHAT.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar telah menyiapkan berbagai langkah demi mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Sehat di tahun 2021 ini.

Beberapa poin penting pun mulai di bahas di sela-sela Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Kabupaten Sehat yang dipimpin langsung Bupati Takalar Syamsari, Rabu (13/1/2021).

JANGAN LEWATKAN :

Syamsari mengatakan, pihaknya telah mengarahkan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mempersiapkan segala hal. Utamanya persiapan penilaian Kabupaten Sehat 2021.

“Meski di tengah pandemi Covid-19, kita tetap harus bisa menjadi kabupaten sehat dan menjadi pionir bagi daerah-daerah lainnya,” katanya.

BACA:  Ini Langkah Pemda Takalar Tekan Penyebaran Covid-19 Hingga Desa

Ia menegaskan, beberapa hal yang mesti didorong antara lain mempersiapkan sarana dan prasarana yang baik. Mengedukasi masyarakat untuk menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), termasuk memperhatikan kebersihan lingkungan melalui pengolahan sampah yang baik dan benar.

“Masyarakat, utamanya para pedagang di pasar tradisional harus kita ajar agar mereka dapat memilah sampahnya langsung secara mandiri yang mana sampah basah dan kering dipisahkan untuk selanjutnya diangkut langsung oleh petugas dinas lingkungan hidup,” jelasnya.

Ia pun berharap seluruh arahan dalam rekomendasi tersebut dapat ditindaklanjuti sesuai target.

“Saya yakin kepada para kepala OPD untuk bisa mengupayakan dengan sedikit bekerja keras dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” ujarnya.

BACA:  Pertahankan Kabupaten Sehat,100 Persen Masyarakat Gowa Tidak BAB Sembarangan

Tak hanya itu termasuk mengontrol kebersihan sanitasi pada fasilitas umum. Mulai dari penampungan tinja di toilet umum dan lainnya.

“Untuk mendapat hasil yang baik dan maksimal memang dibutuhkan kerjasama dari seluruh pihak,” tegas Syamsari.

Sementara Ketua Forum Kabupaten Sehat Irma Andriani berharap agar seluruh stakeholder terkait ikut berperan aktif dalam mempertahankan Takalar sebagai Kabupaten Sehat.

“Kami harapkan komitmen dari seluruh pihak, termasuk pimpinan OPD untuk dapat bekerjasama untuk mempertahankan sebagai daerah Kabupaten Sehat predikat wistara di 2021 ini,” katanya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT