Diresmikan, RSUD Pratama Polongbangkeng Kini Jadi RS Penyangga Pasien Covid-19 di Takalar

Peresmian RSUD Pratama Polombangkeng
Bupati Takalar Syamsari saat meresmikan langsung RSUD Pratama Polongbangkeng, di Kecamatan Polongbangkeng Utara, Senin (13/07/2020). (Foto: Istimewa)

Takalar, SULSELSEHAT — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Polongbangkeng resmi melayani masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Polongbangkeng Utara.

 

Bupati Takalar Syamsari mengatakan, rumah sakit tipe D ini awalnya adalah Puskesmas Kecamatan, hanya saja didorong menjadi rumah sakit untuk memaksimalkan tersedianya layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat. Termasuk di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini.

JANGAN LEWATKAN :

“RSUD Pratama ini merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada warganya. Dengan harapan adanya tindakan preventif dan kuratif langsung di tengah-tengah masyarakat. Ini juga sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat,” katanya di sela-sela peresmian, Senin (13/07/2020).

BACA:  Takalar Siap Pertahankan Predikat Kabupaten Sehat Tahun 2021

RSUD Pratama Polongbangkeng ini juga dijadikan sebagai rumah sakit penyangga dalam menangani pasien Covid-19. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan pasien di RSUD H. Padjonga Dg.Ngalle yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19.

“Makanya kami mempercepat pendirian RSUD ini,” terangnya.

Ia menyebutkan, untuk pasien yang akan melakukan pengobatan dengan gejala penyakit ringan akan dilayani di RSUD Pratama. Sementara untuk pelayanan penyakit berat seperti Covid-29 dilakukan di RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle.

“Kami optimis fasilitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan semakin baik,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama RSUD Pratama Polongbangkeng drg. Ihyana Malik mengaku, pembangunan rumah sakit ini dalam rangka mendorong terwujudnya pelayanan kesehatan masyarakat yang maksimal.

BACA:  Pertahankan Kabupaten Sehat,100 Persen Masyarakat Gowa Tidak BAB Sembarangan

“Semoga kami bisa melaksanakannya dengan baik, sesuai visi dan misi rumah sakit ini. Kesehatan yang akan kami optimalkan ke masyarakat serta memberikan kesejukan kepada pasien untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dalam mendukung kehidupan yang berkualitas,” katanya.

Pihaknya juga berharap, kehadiran RSUD Pratama Polongbangkeng ini akan mendukung kebijakan daerah untuk menjadikan Kabupaten Takalar sebagai Kabupaten Sehat.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT