Awal 2021, Puskesmas Tanakeke Takalar Akan Beroperasi Optimal

Ilustrasi puskesmas
Ilustrasi puskesmas yang diharapkan dapat menjadi wadah edukasi protokol kesehatan.

Takalar, SULSELSEHAT — Januari 2021 mendatang, Puskesmas Tanakeke di Dusun Dande-Dandere, Desa Maccini Baji, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar akan resmi beroperasi secara optimal.

Hal ini setelah diperolehnya kode registrasi untuk pembukaan puskesmas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

“Allhamdulilah setelah mendapat kode register kecamatan, kini kita kembali mendapat kode register untuk pembukaan puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Takalar dr. Rahmawati, Senin (30/11/2020).

Ia mengaku, kode registrasi dengan nomor 440.1.2/12721/Diskes, perihal hasil penilaian kelayakan registrasi puskesmas didapatkaan tepat setelah satu tahun pasca peresmian Puskesmas Tanakeke oleh Bupati Takalar Syamsari Kitta.

“Dengan diraihnya kode registrasi ini maka Puskesmas Tanakeke berhak diberikan rekomendasi puskesmas, dengan kategori kemampuan pelayanan rawat inap. Sehingga kita targetkan akan optimal beroperasi secara resmi pada Januari 2021,” ujarnya.

dr. Rahma mengungkapkan, setelah mendapat kode registrasi tersebut, selanjutnya Dinkes Takalar akan mengajukan pengurusan registrasi dari Kementerian Kesehatan RI dan Pusat Data dan Informasi atau Pusdatin.

Lanjutnya, untuk registrasi puskesmas akan diselesaikan tahun ini. Adapun beberapa tahapan yang masih harus diselesaikan di antaranya uploading rekomendasi dinkes provinsi ke aplikasi untuk bisa mendapatkan registrasi sementara.

Kemudian untuk izin operasional bisa diselesaikan setelah ada no registrasi dari Pusdatin.

“Kami targetkan registrasi dari Pusdatin dan Kemenkes RI dapat kita terima pada Desember mendatang, agar Puskesmas Tanakeke sudah bisa beroperasi secara maksimal. Insya Allah,” harapnya.

Selagi menunggu nomor registrasi dari pusat, pihaknya akan melengkapi alat dan tenaga medis yang akan ditempatkan di Puskesmas Tanakeke untuk melayani masyarakat.

Apalagi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini peran fasilitas pelayanan kesehatan di tingkat pertama atau puskesmas sangat dibutuhkan.

“Meskipun dalam kondisi masih pandemi, kita berupaya untuk segera membuka pelayanan puskesmas, termasuk di wilayah kepulauan,” ujarnya.

Hal ini juga sejalan dengan program pemerataan layanan kesehatan ke masyarakat yang didorong Bupati Takalar Syamsari Kitta, di mana diharapkan layanan kesehatan harus menyentuh hingga ke masyarakat terpencil.

“Apalagi ini sesuai dengan tujuan utama Bapak Bupati Takalar agar masyarakat pulau jika sakit tidak perlu jauh-jauh naik perahu ke daratan, cukup di Puskesmas Tanakeke saja karena dokternya juga sudah ada, jadi bisa langsung melayani,” tutup dr. Rahma.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT