9 Puskesmas di Kota Makassar Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19
Ilustrasi vaksin Covid-19 yang memiliki kandungan khusus untuk membentuk kekebalan kelompok dalam penularan virus.

Makassar, SULSELSEHAT.COM —  Sebanyak 9 puskesmas di Kota Makassar mulai melakukan proses vaksinasi virus corona atau Covid-19 secara serentak pada hari ini, Kamis (14/1).

Kordinator Bidang Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Makassar dr. Abdul Hafid menyebutkan, kesembilan puskemas yang akan melayani pemberian vaksin antara lain, Puskesmas Makkasau, Puskemas Andalas, Puskesmas Kaluku Bodoa, Puskesmas Manggasa, Puskesmas Antang, Puskesmas Bangkala, Puskesmas Bulurokeng, Puskesmas Sudiang Raya, dan Puskesmas Tamalarea.

JANGAN LEWATKAN :

Hafid mengungkapkan, setiap puskesmas yang melayani vaksin memiliki stok vaksin sebanyak 15 vial. Hal itu lantaran dalam proses pemberian vaksin hanya bisa dilakukan maksimal kepada 15 orang saja.

BACA:  Belum Juga Reda, Positif Covid-19 Gowa Bertambah 41 Jadi 435 Kasus

“Berdasarkan sasaran yang akan melayani itu sudah ditentukan melalui aplikasi itu maksimal 20 orang dalam sekali pelayanan. Tapi untuk puskesmas yang melayani itu cuma 15 perhari jadi sembilan puskesmas ini hanya melayani 15 vial untuk 15 orang,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Ia menegaskan, pembatasan pemberian vaksin Covid-19 hanya diberikan kepada 15 orang tiap harinya, bukan karena keterbatasan tenaga. Hanya saja dalam proses pemberian vaksin membutuhkan waktu cukup lama atau hingga 45 menit tiap orang.

“Bukan keterbatasan tenaga karena pemberian vaksin Covid-19 ini tidak sama dengan pemberian vaksin lain. Kalau dalam satu orang pemberian vaksin itu membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Jadi kalau misalnya 15 orang berapa lama waktu yang dibutuhkan,” ungkapnya.

BACA:  Tenaga Kesehatan 'Dirumahkan" Ibarat Pandemi Kedua Setelah Covid-19

Waktu yang dibutuhkan cukup banyak tiap orang yang diberikan vaksin Covid-19 lantaran ada beberapa tahap yang harus dilewati oleh penerima vaksin. Seperti observasi selama 30 menit sebelum dinyatakan selesai.

Ia mengungkapkan, khusus untuk distribusi ke 47 puskemas lainnya akan dilakukan secara bertahap sesuai jadwal vaksinasi dan kebutuhan puskesmas.

Sebelumnya, sebanyak 66.640 dosis vaksin tiba di Sulawesi Selatan. Puluhan ribu dosis vaksin tersebut tiba di Sulawesi Selatan dengan dua tahap. Pertama pada 4 Januari 2021 vaksin sebanyak 30.000 tiba melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Kemudian pada tahap kedua sebanyak 36.640 dosis. Puluhan ribu dosis yang diterima akan segera di distribusikan ke 24 kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Selatan.

BACA:  Sulsel Keluar dari Zona Merah Covid-19, Gubernur: Protkes Tetap Diperketat

Berdasarkan data yang diperoleh Dinkes Sulsel, untuk Kota Makassar jumlah Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) tercatat 15.840 orang, sesuai target sasaran. Kebutuhan dosis untuk alokasi SDMK 32.200 vial termasuk 10 dosis untuk pejabat publik.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT