Lawan Hoax dan Fitnah di Medsos, Organisasi Profesi Kesehatan di Makassar Nyatakan Sikap Tegas

Organisasi Profesi Kesehatan di Makassar Menyatakan Sikap Tegas
Organisasi Profesi Kesehatan di Makassar Menyatakan Sikap Tegas Melawan Hoax dan Fitnah terhadap Nakes, Senin (08/06/2020).

Makassar, SULSELSEHAT – Sejumlah organisasi profesi kesehatan di Kota Makassar menyatakan sikap secara resmi untuk melawan banyaknya informasi hoax dan fitnah kepada para tenaga kesehatan yang disebarkan melalui media sosial.

 

Hal tersebut disampaikan melalui konferensi pers yang digelar di Kantor IDI Makassar, Jalan Topaz Boulevard, Senin (08/06/2020) siang.

JANGAN LEWATKAN :

Organisasi tersebut antara lain Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar, Masyarakat Hukum Kesehatan Indonesia (MHKI), Perhimpunan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

BACA:  Rapid Test Covid-19 Untuk Syarat Perjalanan Dinilai Epidemiolog Tak Efektif, PB IDI Sebut Begini..

Sejumlah dokter penanggung jawab pasien (DPJP) Covid-19, baik dokter Spesialis Paru, Anestesi, Patologi klinik, dan Mikrobiologi Klinik, juga ikut serta.

Dalam pernyataan resminya, mereka menyatakan keberatan dengan segala ujaran kebencian, fitnah serta ancaman kepada para tenaga kesehatan dalam bentuk apapun.

Selain itu, mereka juga keberatan dengan sejumlah berita tidak benar di media sosial tentang adanya tuduhan kepada tenaga kesehatan yang menjadikan pandemi Covid-19 sebagai ladang bisnis.

Karena itu, berdasarkan Pasal 28 ayat (1) UU ITE, mereka mendesak kepada Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan untuk segera menindak tegas dan memberi sanksi hukum sesuai UU yang berlaku kepada penyebar ujaran kebencian, fitnah dan ancaman, serta berita tidak benar dalam bentuk apapun.

BACA:  Ajak Masyarakat Lawan Covid-19, Adnan Keliling Kecamatan Sosialisasikan Perda Wajib Masker

Organisasi tenaga kesehatan di Makassar ini juga mendesak Pemerintah Propinsi Sulawesi Selatan untuk bertindak tegas menyikapi masalah ini, sembari secara aktif memberikan edukasi kepada masyarakat.

Tak lupa, pada bagian akhir pernyataan sikapnya, mereka memberi dukungan penuh perjuangan seluruh tenaga kesehatan yang telah bertugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Mereka juga berharap, semua elemen masyarakat ikut bahu-membahu bersama melawan Covid-19.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT