Upah Belum Dibayar, Tenaga Medis RS Faisal Makassar Berunjuk Rasa

Gambar Gravatar
Unjuk Rasa Tenaga Medis RSI Faisal Makassar
Gambar : Sejumlah Tenaga Medis RS Faisal Makassar Lakukan Unjuk Rasa Gegara Tuntunan Upah Selama Covid-19, Senin (01/07/2020).

Makassar, SULSELSEHAT — Sejumlah pegawai dan pekerja teknis Rumah Sakit (RS) Faisal Makassar bersatu melakukan unjuk rasa di depan RS Faisal, Jl. Faisal, Makassar pada Rabu, 1 Juni 2020.

Para pegawai dan pejerja teknis melakukan atas tuntunan hak pada upah yang belum dibayarkan oleh manajemen RS Faisal kepada mereka semua, sejak mereka dirumahkan karena efek pandemi Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

“Kami dirumahkan setelah lebaran (Mei), tidak ada pembicaraan sebelumnya. Ini langsung keluar nama-nama. Itu pun nama-nama keluar (yang dirumahkan diumumkan) di luar jam kantor, di atas jam 4 sore,” tutur Eka salah seorang pegawai yang terkena dampak, saat ditemui di lokasi aksi.

BACA:  Sidrap Capai 40 Kasus Positif Corona, 29 Orang Sudah Sembuh

Eka juga mengungkapkan bahwa para demonstran juga menuntut janji tunjangan hari raya (THR) yang sempat dijanjikan oleh pihak manajemen Rumah Sakit (RS) Faisal Makassar.

“Katanya THR mau dicicil dari bulan 6 sampai bulan 12, tapi kenyataannya tidak ada. Malah yang masih bertahan kerja dipotong gajinya 50 persen,” pungkasnya.

Hal itu dibenarkan oleh Ridwan selaku salah satu perwakilan dari manajemen RS Faisal. Diakuinya, bahwa sebanyak 157 pegawai dan perawat memang dirumahkan akibat dampak pandemi yang tidak jelas kapan berakhirnya ini.

“Semua terkena dampak Covid-19. Perusahaan besar saja tutup. Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap RS sudah takut sekali. Nah kita swasta dari mana kita dapat uang? Sedangkan sekarang masyarakat takut ke RS,” ujar Ridwan.

BACA:  Perluas Tracing Covid-19, Unhas akan Maksimal Penggunaan 100 Alat Test Swab dari PMI Makassar

Perwakilan dari pihak manajemen RS Faisal tersebut juga menanggapi mengenai persoalan pegawai dan perawat yang tidak digaji namun tetap dijanji THR.

“Gaji sama THR sama saja (jumlahnya), cuma pintar-pintarnya manajemen sekarang, dia tidak kasih gaji. Tapi dia bilang ada THR. Itu sama saja besarannya kan?,” tutur Ridwan.

Aksi akhirnya terhenti setelah Kepala Bidang Umum SDM RS Faisal, Syarifa Yuliani menemui demonstran dan akan berjanji akan memediasi dengan pimpinan RS Faisal.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT