Pasca Merawat 3 Pasien yang Ternyata Positif Covid-19, 21 Nakes RSUD Bantaeng Diisolasi

Ilustrasi Tenaga Medis Pasien Covid-19
Gambar : Ilustrasi Tenaga Medis Pasien Covid-19.

Bantaeng, SULSELSEHAT — Sebanyak 21 orang tenaga kesehatandi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr H M Anwar Makkatutu, Kabupaten Bantaeng, harus diisolasi.

 

Hal tersebut dilakukan karena mereka terlibat dalam perawatan tiga pasien di rumah sakit itu yang baru saja terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Bantaeng,dr Hikmawaty mengatakan bahwa setelah hasil swab diterima, pihaknya langsung melakukan tracking contact dengan tenaga medis yang bertugas merawat mereka.

“Iya, ada 21 tenaga medis yang kita isolasi. Memang kita ada ruang isolasi. Itu sudah protap, petugas yang ada kontak, langsung di tindak lanjuti dengan isolasi lalu dilakukan swab. Jadi dipastikan tidak akan layani pasien sampai ada hasil swab terhadap petugas kesehatan kita,” ungkap dr Hikmah, Rabu (01/07/2020).

Hikmah juga menuturkan bahwa sebelumnya, tiga pasien yang berasal dari Bulukumba, Gowa dan Makassar datang ke RSUD Bantaeng dalam rentang waktu yang tidak berjauhan.

Mereka masuk lewat UGD RSUD Bantaeng. Saat itu pula, protokol Covid juga diterapkan seperti rapid test, foto thorax hingga CT Scan.

“Mereka masuk lewat UGD. Artinya, ada hal emergency sehingga mereka datang ke RSUD. Pasien inisial M masuk pada 23 Juni, pasien F masuk 24 Juni dan pasien B masuk pada 26 Juni 2020,” ungkapnya.

Pasien yang terkonfirmasi kemaren dari Gowa datang ke Bantaeng untuk membesuk keluarganya, begitu pula dengan pasien yang datang dari Kabupaten Bulukumba.

Mereka berkunjung ke Bantaeng untuk mendatangi keluarganya. Sementara yang dari Makassar diketahui bertugas di Polda Sulsel, ke Bantaeng karena mengunjungi istrinya berdomisili di sini.

Sementara Direktur RSUD Bantaeng, dr Sultan menjelaskan bahwa ketiga pasien tersebut dinyatakan positif setelah melewati serangkaian pemeriksaan.

Ketiganya merupakan pasien yang berdomisili di luar Kabupaten Bantaeng. Dari ketiga pasien tersebut, satu di antaranya dirujuk ke RS Bhayangkara dan dua lainnya masih dalam proses sisrute.

“Iya betul, hasil Swabnya (positif Corona) kami dikabarkan pagi jam 06.00 Wita dari tempat pemeriksaan swab di RS Wahidin Sudirohusodo Makassar. Sesuai instruksi gugus tugas Provinsi untuk semua yang terkonfirmasi positif sebaiknya di rawat di RS Rujukan. Jadi kami dari RSUD Bantaeng telah melakukan rujukan satu pasien ke RS Bayangkara dan dua lagi on proses rujukannya ke RS Daya yang menjawab Sisrute kami,” jelas Sultan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT