Update Covid-19 Bantaeng, Bertambah 39 Kasus Baru, 26 Orang Nakes

Pandemi COVID-19

Bantaeng, SULSELSEHAT — Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Kabupaten Bantaeng kembali mengumumkan penambahan pasien positif Covid-19 sebanyak 39 orang.

 

Pasien pada kasus baru tersebut didominasi oleh tenaga kesehatan yang bertugas di daerah itu.

JANGAN LEWATKAN :

Tambahan kasus positif Covid-19 ini diketahui setelah adanya hasil pemeriksaan Laboratorium Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo. Terdapat 39 sampel swab positif mengandung virus SARS-CoV2 dari 79 sampel yang diperiksa.

“Dengan adanya penambahan kasus ini maka kami akan terus berusaha melakukan pelacakan kontak erat terhadap 39 orang ini selama 14 hari ke belakang. Hal itu dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Bantaeng,” jelas Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan dalam pesan singkat kepada awak media, Senin (13/07/2020).

BACA:  28 Puskesmas di 7 Kabupaten Terima Alkes dari TBM Calcaneus Unhas

Untuk sementara ini, 39 orang tersebut telah menjalani intervensi lanjutan yakni isolasi Mandiri di Kota Makassar. Sedangkan untuk pasien yang tidak bergejala, menjalani Perawatan lanjutan di Ruang Isolasi.

Kadis Kesehatan Bantaeng itu merinci kasus positif Covid-19 di Bantaeng. Dari 39 orang tersebut, 15 orang diantaranya tenaga kesehatan RSUD Bantaeng, 11 orang tenaga kesehatan Puskesmas, 9 orang karena kontak pasien positif meninggal ada, serta 4 orang warga Bantaeng.

Untuk selanjutnya Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bantaeng melalui Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan dan Puskesmas akan massif melakukan pelacakan kontak atau tracking contact terhadap kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Terkait semakin meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kabupaten bertajuk Butta Toa ini, masyarakat diminta agar tetap tenang dan tidak panik. Namun juga diharapkan untuk selalu waspada, dikarenakan Covid-19 ini memang berbahaya.

BACA:  Satu Keluarga Korban Bencana Sulbar Jalani Program Wisata Covid-19 di Makassar

“Senantiasa mematuhi anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan, yakni, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan selalu memakai masker saat berada di luar rumah,” tutup Andi Ihsan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT