RSUD Bantaeng Rawat 3 Pasien Positif Covid-19, Semua Domisili Luar Bantaeng

RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng
RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng.

Bantaeng, SULSELSEHAT – Tiga orang pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof Dr Anwar Makkatutu Bantaeng, Sulawesi Selatan dinyatakan positif corona atau Covid-19 setelah melewati serangkaian pemeriksaan.

Ketiga pasien tersebut merupakan pasien yang berdomisili di luar wilayah Kabupaten Bantaeng. Dari ketiga pasien tersebut, satu di antaranya dirujuk ke RS Bhayangkara dan dua lainnya masih dalam proses SISRUTE.

JANGAN LEWATKAN :

Direktur RSUD Bantaeng dr Sultan menuturkan bahwa dari serangkaian pemeriksaan, ketiganya ternyata dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19.

“Iya betul, hasil Swabnya kami dikabarkan tadi pagi pukul 6.00 Wita dari tempat pemeriksaan Swab di RS Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar,” tutur Sultan, Selasa, 30 Juni 2020.

BACA:  Didominasi Perempuan, Swab Test Gratis PKK - Dinkes Gowa Diikuti Ratusan Peserta

“Sesuai instruksi gugus tugas Provinsi untuk semua yang terkonfirmasi positif sebaiknya di rawat di RS Rujukan. Jadi kami dari RSUD Bantaeng telah melakukan rujukan 1 pasien ke RS Bayangkara dan 2 lagi on proses rujukannya ke RS Daya yang menjawab sisrute kami,” tuturnya.

Tes swab telah dilakukan kepada ketiga pasien tersebut. Setelah keluar hasilnya maka diketahuilah bahwa ketiga pasien tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Sultan juga mengungkap bahwa ketiga pasien tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Bantaeng lewat di UGD. Protokol penanganan Covid-19, Baik rapid test, foto thoraks hingga CT scan dilakukan terhadap mereka.

“Dilakukan pula swab. Dan akhirnya ketiga pasien tersebut didapati hasil swab yang positif,” tuturnya.

BACA:  14 Nakesnya Terpapar Covid-19, Puskesmas Mappakasunggu Takalar Ditutup Sementara

Berdasarkan informasi yang diterima, 21 nakes atau tenaga kesehatan di RSUD Bantaeng yang sempat merawat ketiga pasien tersebut akhirnya dilakukan isolasi mandiri.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng dr. Andi Ihsan menuturkan bahwa ketiganya dinyatakan positif setelah terakhir melakukan pemeriksaan RT-PCR Covid-19 di RSUD Bantaeng.

Dia menjelaskan ketiga pasien positif ini masing berdomisili di Kabupaten Gowa, Kabupaten Bulukumba dan Kota Makassar.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantaeng ini menegaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan tracking contact kepada seluruh kontak erat pasien ini.

“Selanjutnya seluruh pasien akan menjalani perawatan yang adekuat di RS Rujukan Covid-19 di Makassar dan saat ini sedang dilakukan tracing contact kepada seluruh kontak erat pasien ini selama di Bantaeng,” tutur Andi Ihsan.

BACA:  Meningkat, Kabupaten Gowa Catat 25 Kasus Baru Positif Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT