Dinkes Makassar Siapkan 50 Ribu Rapid Test Untuk Ibu Hamil Secara Gratis

Ilustrasi Rapid Test.
Gambar:: Ilustrasi Rapid Test.

Makassar, SULSELSEHAT — Dinas Kesehatan Kota Makassar menyiapkan 50 ribu alat rapid test yang diperuntukkan bagi ibu hamil secara gratis di Puskesmes.

 

Rapid test untuk ibu hamil tersebut sebagai upaya pemerintah Kota Makassar dalam memudahkan proses penanganan Covid-19 khususnya terhadap ibu hamil yang mau melahirkan.

JANGAN LEWATKAN :

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengatakan bahwa penambahan 50 ribu alat rapid test atas perintah PJ Walikota Makassar, Rudy Djamaluddin sebagai fokus utama ibu hamil yang ingin melahirkan.

“Penambahan alat test rapid itu sudah disarankan juga sama Pak Wali Kota kalau akan segera disiapkan di luar dari program yang sudah ada di Puskesmas,” ujarnya kepada Sulselsehat.com, Sabtu (04/07/2020).

BACA:  Marak PHK Tenaga Kesehatan, PPNI: Kami Mengecam Keras!

Selain untuk ibu hamil, Dinas Kesehatan Kota Makassar juga bakal melakukan radid test jika ada warga kedapatan tak mengenakan masker saat beraktivitas di luar.

“Jika masyarakat kedapatan tak menggunakan masker, maka kami akan lakukan rapid test secara random,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Naisyah, jika nanti ditemukan masyarakat yang reaktif rapid test, maka akan diisolasi selama 14 hari. Hal itu sebagai upaya pencegahan dini agar tidak menularkan ke masyarakat sekitar.

“Misalnya di jalan, mereka tidak pakai masker, makanya ditest, kalau positif maka diisolasi selama 14 hari,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT