Prodi Radiologi FK Unhas Semakin Didorong Tingkatkan Kualitas Pendidikan

asesmen virtual yang dilakukan LAM-PTKes
Suasana asesmen virtual yang dilakukan LAM-PTKes kepada Prodi Radiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Lembaga Akreditasi Mandiri – Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan asesmen lapangan secara virtual kepada Program Studi (Prodi) Radiologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin.

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas, Prof. Dr. dr. Budu, Sp.M (K) menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas kesedian Tim Asesor LAM-PTKes untuk melakukan asesmen lapangan meskipun berlangsung secara virtual karena adanya pandemi virus corona atau Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Menurut Prof. dr. Budu, kegiatan asemen ini sudah lama dinantikan oleh Fakultas Kedokteran, khusunya pada Prodi Radiologi. Hal ini pun dilakukan sebagai bagian dari peningkatan kualitas dan kapabilitas layanan akademik.

BACA:  PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas Lalui Tahapan Akreditasi

“Kami dapat kabar kalau asesmen bulan ini sangat padat. Tapi, kita bersyukur mendapatkan jadwal,” katanya di sela-sela kegiatan, Kamis (19/11/2020).

Ia mengaku program studi radiologi ini telah beroperasi cukup lama. Keberadaannya pun hingga saat ini berkat dukungan berbagai pihak termasuk pimpinan universitas, sehingga terus mengalami perkembangan signifikan.

“Salah satunya kita menjadi salah satu program studi dengan jumlah peminat yang tinggi saat penerimaan mahasiswa baru,” akunnya.

Prof. dr. Budu menyampaikan dengan adanya asesmen ini diharapkan dapat mendorong dan mengoptimalkan mutu dan layanan akademik guna menghasilkan lulusan unggul berdaya saing.

Ia pun berharap kegiatan yang menjadi bagian dari sebuah proses akademik tersebut dapat mendorong peningkatan kualitas.

BACA:  PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas Lalui Tahapan Akreditasi

“Prodi ini sudah banyak berkontribusi dalam mendukung peningkatan layanan kesehatan masyarakat daerah. Akreditasi menjadi penting untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kerjasama berbagai pihak dalam rangka optimalisasi bidang kesehatan,” harap Prof. dr. Budu.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Muh. Restu mengatakan, proses ini sangat penting sebagai tahapan pengembangan akademik berkualitas dengan mengetahui area tertentu yang perlu mendapatkan perhatian.

Lebih lanjut, Prof Restu juga menyampaikan berbagai upaya yang dilakukan Unhas untuk menghadirkan proses akademik bermutu sesuai kebutuhan masyarakat.

Salah satunya dengan pengembangan spesialis menjadi sub-spesialis dalam rangka memberikan kontribusi bidang keilmuan dan pelayanan.

Pasalnya, hal ini sejalan dengan konsep Unhas sebagai humaniversity yang terus berupaya sebagai garda terdepan dalam menjawab setiap permasalahan masyarakat.

BACA:  PPDGS Bedah Mulut dan Maksilofasial FKG Unhas Lalui Tahapan Akreditasi

“Kita terus mendorong setiap unit kerja untuk lebih aktif dan produktif melakukan berbagai upaya pengembangan akademik. Misalnya dengan menghadirkan lembaga penjaminan mutu dengan harapan dapat mendorong prodi unggul guna mempersiapkan lulusan berdaya saing dan berkarakter,” tutup Prof Restu.

Tim Asesor LAM-PTKes yang hadir antara lain Dr. dr. Lina Choridah, Sp.Rad (K) dan Dr. dr. Hermina Sukmaningtyas, M.Kes., Sp.Rad (K).

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT