Dukung Sanitasi Aman, Yayasan BaKTI Gelar Pertemuan dengan Pokja PKP Sidrap

Dukung Sanitasi Aman, Yayasan BaKTI Gelar Pertemuan dengan Pokja PKP Sidrap.
Dukung Sanitasi Aman, Yayasan BaKTI Gelar Pertemuan dengan Pokja PKP Sidrap.

Sidrap, SULSELSEHAT – Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) melakukan pertemuan dengan pimpinan Pokja PKP Sidrap bertempat di Hadide’s Cafe & Resto, Pangkajene Kabupaten Sidrap, Kamis, 5 Oktober 2023.

Pertemuan yang dilakukan oleh Yayasan BaKTI dengan pimpinan Pokja PKP Sidrap dimaksudkan untuk Persiapan Pengembangan Aplikasi Sistem Manajemen Informasi Pengelolaan Air Limbah Domestik (SIMPALD) untuk mendukung percepatan implementasi program penyelenggaraan sanitasi aman di Kabupaten Sidrap.

Program ini juga diikuti oleh mahasiswa Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Fakultas Kesehatan Masyarakat UNHAS.

Kegiatan mahasiswa belajar di institusi merupakan bagian dari mata kuliah Magang Promkes yang diwajibkan bagi semua mahasiswa di departemen PKIP.

Pada tahun ini, magang Promkes berfokus pada isu pemberdayaan masyarakat, baik yang dilakukan oleh instansi pemerintah maupun organisasi berbasis masyarakat.

Hamsah, perwakilan dari Yayasan BaKTI melalui keterangannya menyebutkan bahwa aplikasi yang diperkenalkan ini terbentuk dalam dua versi, yaitu website dan smartphone (android).

Inti daripada pengembangan aplikasi ini adalah adanya manajemen data yang lebih efektif karena ditunjang oleh titik lokasi pengambilan data pada saat turun lapangan.

Selanjutnya dengan adanya manajemen data yang baik, diharapkan dapat memudahkan monitoring terhadap seluruh proses pembangunan di sektor sanitasi, khususnya di Kabupaten Sidrap.

Program pengembangan aplikasi SIMPALD ini merupakan kegiatan yang dikerjakan oleh Yayasan BaKTI bekerjasama dengan Unicef, Pokja AMPL/PPAS Provinsi, dan PKP Kabupaten Sidrap.

“Hasil dari kegiatan ini adalah adanya kesepakatan bersama antara Pokja PKP dalam hal ini Dinas Biciptapera dan Dinas Kominfo yang difasilitasi Bappelitbangda untuk pembuatan aplikasi data base SIMPALD Sidrap”, ungkap Wisnah, mahasiswa PKIP FKM Unhas yang sedang magang di Yayasan BaKTI.

Hadir dalam pertemuan ini antara lain Kepala Bappelitbangda, Kadis Biciptapera, dan Kadis Kominfo serta masing-masing Kepala Bidang terkait.**

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT