Peringati HUT ke-78, PMI Lutim Akan Giat Donor Darah di Desa

PMI Kabupaten Luwu Timur

Malili, SULSESEHAT – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Luwu Timur akan segera menggiatkan kegiatan donor darah di desa-desa sekaligus mengadakan program berbagi dengan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua PMI Kabupaten Luwu Timur Unit Donor Darah dr. Andi Fajar Wela, Minggu (17/09/2023) sesaat setelah mengikuti peringatan HUT PMI ke-78 di lapangan SMA Negeri 5 Luwu Timur.

Hari ini saya dimintai 2 hal oleh Ketua PMI Luwu Timur Drs H. Budiman. Pertama untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di RS I Lagaligo dan RS Inco (RS Primaya). Kedua, meminimalkan dampak kemarau panjang dan efek el nino melalui kegiatan berbagi,” ungkap Wela, sapaan akrabnya.

Karena itu, ia akan segera menyusun program donor darah di setiap desa se-Kabupaten Luwu Timur.

Menurut data yang diperoleh SulselSehat, tingkat penggunaan darah di Luwu Timur cukup tinggi, yakni mencapai 3.000-an kantong darah per tahun.

Sebagai acuan, pada tahun 2022 lalu, sebanyak 2.027 kantong darah digunakan pasien di RSUD I Lagaligo Wotu, dan 702 kantong darah di RS Primaya Sorowako.

Kebutuhan darah pasien baik di RS I Lagaligo Wotu maupun di RS Inco Sorowako, selalu tidak memadai. Karenanya, kami akan menggiatkan aksi donor darah di desa-desa se-Lutim,” jelas Wela yang juga dokter spesialis Patologi Anatomi itu.

Selain itu, Wela juga akan membuat program berbagi kepada masyarakat. “Insya Allah kami agendakan setiap Jumat akan berbagi untuk keluarga pasien kelas 3 di rumah sakit,” beber dia.

Untuk diketahui, Luwu Timur sebenarnya telah memiliki gedung Unit Pelayanan Donor Darah yang sekaligus digunakan sebagai markas Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu Timur.

Gedung yang diresmikan Bupati Luwu Timur Budiman pada tanggal 26 Juni 2023 lalu, berlokasi di kawasan Puncak Indah Malili.

Hanya saja gedung ini belum operasional. Namun direncanakan setiap tanggal 5 akan dilakukan donor darah bekerja sama dengan RSUD I Lagaligo dengan parpendonor dari para ASN Pemkab Lutim,” pungkas pemilik klinik Iniaku di Sorowako itu. [rls]

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT