Pemeriksaan PCR Covid-19 di Laboratorium RS Unhas Dihentikan Sementara

Ilustrasi Mesin PCR
Ilustrasi Mesin PCR.

Makassar, SULSELSEHAT – Laboratorium Mikrobiologi Klinik Rumah Sakit Universitas Hasanuddin untuk sementara waktu akan memberhentikan pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

 

Humas Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman mengatakan, pemeriksaan sampel Covid-19 akan dihentikan mulai 28 Juni hingga 1 Juli 2020 mendatang.

JANGAN LEWATKAN :

“Saat ini Laboratorium Mikrobiologi Klinik RS Unhas yang memeriksa PCR Covid-19 saat ini sedang dalam proses dekontaminasi dan general cleaning, sehingga tidak dibolehkan melakukan proses pemeriksaan,” katanya dalam penyataannya yang diterima Sulselsehat.com, Senin (29/6).

Untuk diketahui, pemeriksaan PCR adalah salah satu metode untuk menilai hasil dari swab pasien terindikasi Covid-19, apakah positif atau negatif.

BACA:  Terapkan Perbup Covid-19, Satpol PP Gowa Sidak ASN yang Tak Pakai Masker

Menurut Ishaq, proses penghentian sementara ini merupakan hal rutin yang selalu dilakukan setiap bulan. Dimana akibat banyaknya sampel-sampel yang masuk dikhawatirkan terjadi kontaminasi.

“Saat ini laboratorium juga menerima banyak kit pemeriksaan baru, sehingga masa general cleaning ini juga sekaligus untuk menginstall kit baru tersebut,” ujarnya.

Pemberhentian sementara pemeriksaan PCR ini akan dimanfaatkan untuk mengistirahatkan mesin-mesin pemeriksa di laboratorium yang selama masa Covid-19 ini bekerja dengan sangat luar biasa.

“Setelah proses ini selesai, proses pemeriksaan kami pastikan akan lebih optimal lagi,” terangnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT