FKG Unhas Luncurkan Buku Manajemen Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit

drg. Fuad Husain Akbar
Salah satu penulis buku "Manajemen Diklat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit", drg. Fuad Husain Akbar saat memberikan tanggapan di sela-sela peluncuran buku yang berlangsung secara virtual. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin meluncurkan buku berjudul “Manajemen Diklat Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit”.

Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin menjelaskan, buku yang dihasilkan ini adalah hasil kerjasama antara FKG Unhas dengan PT. EGC yang merupakan penerbit buku kedokteran terbesar di Indonesia.

JANGAN LEWATKAN :

“Karya ini merupakan implementasi dari semangat para sivitas akademika FKG Unhas dalam melakukan pengembangan literasi. Sejauh ini telah dipersiapkan 6 buku dalam proses penerbitan,” katanya di sela-sela peluncuran buku secara virtual, Sabtu (21/11/2020).

BACA:  Dies Natalis FKG Unhas ke-38 Gagas Kelas Inspirasi, Jadi Ajang Berbagi Pengalaman

Ia pun menyampaikan terima kasih atas dukungannya dari berbagai pihak yang membantu dalam penyusunan buku tersebut.

Buku tersebut pun diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat maupun praktisi kesehatan tentang pentingnya manajemen diklat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Sementara salah satu penulis buku tersebut drg. Fuad Husain Akbar menjelaskan, buku ini hadir sebagai bentuk keresahan atas hasil survey yang dilakukan mengenai layanan kesehatan rumah sakit baik swasta maupun pemerintah.

“Buku ini terdiri dari empat bab yang masing-masing memuat tentang kepemimpinan, konsep manajemen organisasi, manajemen pelayanan kesehatan dan model rancangan pelatihan serta didukung beberapa contoh lampiran seperti kurikulum, instrumen, jenis dan mutu diklat,” singkatnya.

BACA:  38 Tahun FKG Unhas Berkontribusi Ciptakan SDM Kesehatan Gigi Berkualitas

Senada yang dikatakan drg. Hasanuddin Tahir, yang juga merupakan penulis buku tersebut.

Menurutnya, buku ini hadir sebagai pemantik dan merupakan hasil riset terhadap kepuasaan masyarakat mengenai layanan rumah sakit. Dimana, tingkat kepuasaan sangat mempengaruhi kinerja dari rumah sakit tersebut. Sehingga sangat penting manajerial diklat dilakukan.

“Buku ini bermanfaat sebagai referensi yang kuat dalam peningkatan pemahaman wawasan pengetahuan tentang manajerial diklat karena berisikan penjelasan detail tentang kualitas pelatihan yang baik dan efektif sebagai salah satu bahan rujukan,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof. Muh. Restu mengaku sangat mengapresiasi langkah FKG Unhas dalam menerbitkan buku ini.

Hal ini merupakan bagian dari upaya mendukung universitas dalam menyediakan sumber belajar sekaligus melengkapi dan memperkuat reverensi bacaan mahasiswa Unhas secara khusus dan masyarakat secara umum.

BACA:  Penuhi Kebutuhan Dokter Gigi, Unhas akan Buka FKG Spesialis Anak

“FKG sangat aktif melakukan kegiatan yang menunjang proses pembelajaran. Hadirnya buku ini tentunya akan menambah pemahaman dan wawasan mengenai layanan rumah sakit yang responsif dan inovatif,” jelas Prof. Restu.

Dirinya berharap hal seperti ini dapat terus ditingkatkan sebagai wujud keterlibatan perguruan tinggi dalam menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas melalui karya penelitian maupun tulisan.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT