Terapkan Protkes Ketat dalam Penerbangan, Garuda Berlakukan Rapid Tes dan Atur Jarak Penumpang

Ilustrasi penumpang di kabin pesawat
Ilustrasi penumpang di kabin pesawat. (Foto: pexels)

Makassar, SULSELSEHAT — Maskapai Garuda Indonesia memberikan jaminan bahwa ditengah pandemi virus corona atau Covid-19 aktivitas bepergian dengan menggunakan transportasi pesawat udara tetap aman. Hal ini karena pihaknya menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat dalam prosedur penerbangan.

Kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, masyarakat pada tradisi kebiasaan baru ini harus diberikan kepastian bahwa bepergian dengan menggunakan transportasi pesawat udara aman.

JANGAN LEWATKAN :

Setiap penerbangan yang dilakukan maskapai Garuda Indonesia wajib menerapkan physical distancing atau jarak fisik, sehingga tidak semua kursi penumpang dipenuhi. Sehingga jarak penumpang pun betul-betul diatur untuk meminimalisir terjadinya penularan.

BACA:  Pj Walikota Makassar Minta Aparat Tak Persulit Warga Saat Pemeriksaan Suket Bebas Covid-19

“Kita percaya bahwa berdekatan itu memunculkan potensi yang sangat tinggi untuk penyebaran. Tak hanya itu, kita minta untuk semua penumpang agar menggunakan masker dalam pesawat,” katanya dalam pernyataan resminya yang diterima Sulselsehat.com, Rabu (5/8/2020).

Tak hanya itu, penumpang yang akan melakukan penerbangan terlebih dahulu akan menjalani rapid test secara gratis. Layanan ini merupakan bantuan Pemerintah Provinsi Sulsel untuk melakukan skrining awal.

Irfan mengungkapkan, sementara untuk sirkulasi udara di kabin pesawat, pihaknya juga menerapkan teknologi penyaringan udara atau High-Efficiency Particle Filters (HEPA).

Penggunaan penyaringan partikel yang kuat ini untuk memastikan sirkulasi udara aman, sebab di pesawat aliran sirkulasi secara vertikal.

“Tolong dipahami kabin pesawat itu sebenarnya adalah tempat yang paling aman, karena sirkulasi udaranya itu vertikal, sirkulasinya tidak horisontal, di situ ada HEPA. Dimana HEPA filter itu memfilter udara dan mensirkulasi lagi dengan bersih,” jelasnya.

BACA:  Gerakan 10.000 APD FK-UMI Salurkan Bantuan ke 3 RS dan Puskesmas di Makassar

Ia pun mengklaim, selama masa pandemi Covid-19 hingga saat ini Garuda Indonesia memastikan belum mencatat adanya penyebaran Covid-19 di dalam pesawat.

“Kita terus memastikan bahwa itu tidak kejadian. Kita akan pastikan perjalanan penumpang ketujuannya akan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT