Ketua PKK Sulsel Minta Keluarga Penuhi Gizi Anak Saat Menjalankan Puasa

Ilustrasi anak menjalankan puasa
Ilustrasi anak menjalankan puasa. (Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Anak-anak penting terpenuhi kebutuhan gizinya agar selama menjalankan ibadah puasa Ramadan dapat tetap sehat dan bugar.

Demikian diharapkan Pelaksana Tugas Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naoemi Octarina saat membuka Andalan Mengaji di Balai Ainun Habibie Parepare dengan tema “Ramadan Siap, Gizi Terpenuhi, Badan Sehat“.

JANGAN LEWATKAN :

Naoemi mengatakan, selama bulan Ramadan orangtua dituntut untuk dapat mengajarkan anak-anaknya agar bisa lebih produktif mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat.

Termasuk dapat memperhatikan keperluan gizi anak-anak sehingga anak-anak bisa melaksanakan puasa dengan keadaan sehat khususnya dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

BACA:  PKK Sulsel Dorong Peran Orangtua Prioritaskan Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

“Anak-anak kita harus tetap sehat meskipun mereka menjalankan puasa. Olehnya, gizi mereka harus bisa kita penuhi,” katanya, Jumat (09/04/2021).

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga mengajak anak-anak dapat mengetahui makna puasa, keutamaan Ramadan, keutamaan puasa, rukun puasa, serta sunnah-sunnah puasa sehingga mudah dipahami anak-anak.

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi bekal kita sebelum memasuki bulan Ramadan. Untuk itu marilah kita sambut Ramadan ini dengan hati yang ikhlas dan rasa gembira. Mari kita jadikan Ramadan ini sebagai bulan panen amal kebajikan untuk bekal hidup diakhirat kelak,” jelasnya.

Ketua Divisi Neonatologi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo Makassar dr. Ema Alasiry mengatakan, saat anak menjalankan ibadah puasa penting memberikan makanan yang bergizi. Misalnya, dengan menu empat sehat lima sempurna.

BACA:  Ini Hubungan Bacaan Basmallah dengan Sel Saraf Menurut dr Aisyah Dahlan

“Saat sahur maupun buka puasa, anak-anak kita harus diberikan susu, telur, ikan, sayur-sayuran, buah-buahan yang banyak mengandung air dan jagung. Termasuk yang mengandung karbohidrat seperti nasi,” katanya.

Selain itu, orangtua harus memahami makanan serta minuman yang sebaiknya dihindari anak pada saat menjalankan ibadah puasa.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT