PKK Sulsel Dorong Peran Orangtua Prioritaskan Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

Ilustrasi pola asuh anak.
Ilustrasi pola asuh anak.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Perkembangan tumbuh kembang anak harus menjadi perhatian orangtua demi membentuk anak yang sehat dan cerdas. Tentunya salah satu yang diperhatikan yakni pada proses pola asuh anak yang dilakukan orangtua.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulawesi Selatan Naoemi Octarina saat membuka Sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) di Era Digital bagi Keluarga.

JANGAN LEWATKAN :

“Kita harus terus melakukan sosialisasi ke masyarakat, terutama orangtua untuk berbenah dalam meningkatkan kualitas pola asuh berbasis hak anak, khususnya dalam keluarga,” katanya, Rabu (24/03/2021).

BACA:  Ini Hubungan Bacaan Basmallah dengan Sel Saraf Menurut dr Aisyah Dahlan

Apalagi, penduduk di Sulawesi Selatan didominasi anak dan remaja, dengan jumlah usia anak sebanyak 3.084.993 jiwa atau sekitar 34 persen dari jumlah penduduk Sulsel yang mencapai 9.073.509 jiwa.

“Kami berharap melalui pengasuhan yang lebih berkualitas dan berbasis hak anak, dimana sasaran yang akan dicapai adalah penguatan keluarga dalam pola asuh bagi anak dan remaja,” katanya.

Terutama di era digital atau pada perkembangan teknologi sekarang ini. Misalnya, dalam penggunaan gadget harus bijak serta ada pemantauan, arahan yang tegas dan konsisten dari para orangtua dalam memberikan sisi positif bagi teknologi yang digunakan anak-anak.

“Mengenai permasalahan yang dialami anak harus menjadi perhatian kita bersama. Mengingat anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu mendapatkan haknya, khususnya dalam tumbuh kembangnya,” tegas Naomi.

BACA:  Libatkan Ahli Gizi, PKK Sulsel Dorong Kantin Sekolah Sehat

Dirinya berharap orangtua dapat mengetahui tugas dan tanggungjawabnya dalam mengasuh anak-anak untuk menjadi lebih baik dan dapat membangun karakter dan potensi anak ke arah yang positif.

Salah satu upaya pemerintah saat ini adalah membangun kualitas sumber daya manusia sebagai modal pembangunan yang sangat penting dalam membangun keluarga sejahtera.

“PKK merupakan salah satu mitra pemerintah dalam membangun kualitas keluarga. Sehingga isu-isu seperti ini menjadi program prioritas kami,” jelasnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT