NMSJ FK Unhas Menuju Tahap Reakreditasi dan Scopus

Gambar Gravatar

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Nusantara Medical Science Journal (NMSJ) yang dikelola Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin akan didorong meraih akreditasi dan scopus.

Untuk meraih hal tersebut, NMSJ FK Unhas menggelar Intensive Training Monitoring and Evaluation E-Journal bertajuk “Nusantara Medical Science Journal” di Novotel Makassar, Jumat (02/04/2021).

JANGAN LEWATKAN :

Dekan FK Unhas Prof. dr. Budu mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap NMSJ untuk proses re-akreditasi.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memperkuat tata kelola NMSJ yang saat ini telah mengadopsi platform Open Journal System (OJS) versi 3,” katanya.

BACA:  Fakultas Kedokteran Unhas Kirim Bantuan dan Tenaga Medis ke Sulbar

Untuk diketahui, NMSJ diterbitkan secara elektronik oleh FK Unhas sejak 2016 lalu dan saat ini telah terakreditasi Sinta-4.

Menurut Prof. Budu, NMSJ akan terus ditingkatkan kualitasnya untuk menjadi jurnal bereputasi. Sebab Fakultas Kedokteran Unhas sangat kaya dengan tulisan ilmiah, baik hasil penelitian, laporan kasus, atau review sistematik.

“Kami mendorong agar berbagai karya ilmiah tersebut dapat mengisi edisi penerbitan pada NMSJ. Di 2021 ini, kami memproses agar NMSJ masuk ke tahap pre-evaluation untuk persiapan ke dalam jurnal terindeks Scopus,” kata dr. Budu.

Sementara Publication Management Center (PMC) Unhas Muhammad Arsyad berharap, dengan adanya workshop ini NMSJ dapat memenuhi standar minimum re-akreditasi sebelum masa akreditasinya berakhir sesuai pedoman akreditasi jurnal ilmiah 2018.

BACA:  FK Unhas dan PAMKIN Gelar Konferensi Internasional, Bahas Persoalan Mikrobiologi Klinik dan Penyakit Infeksi

“Kita juga akan mendukung agar keinginan Dekan FK agar NMSJ melakukan persiapan pre-evaluaton Scopus dapat terwujud,” kata Arsyad.

Workshop dan pelatihan ini selanjutnya diisi dengan beberapa materi. Mulai dari materi tentang tata kelola issue NMSJ, termasuk perolehan diversity author dan melakukan optimasi manajemen jurnal dalam OJS Flow.

Selain itu materi terkait hal-hal penting dalam persiapan NMSJ menuju Scopus. Manfaat mendorong NMSJ terindeks Scopus adalah membantu para penulis untuk meniingkatkan research impact melalui publikasi terindeks.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT