Hebat! Laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas Kini Berstandar ISO 17025

Dekan FKM Unhas Aminuddin Syam
Dekan FKM Unhas Aminuddin Syam. (Foto: Dok. Pribadi)

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Kualitas pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin semakin meningkat ditandai dengan raihan ISO 17025 pada Laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas.

Dekan FKM Unhas Aminuddin Syam mengatakan, Laboratorium Kimia Biofisik saat ini telah berstandar ISO 17025 berdasarkan hasil keputusan dari proses assesmen yang telah dilakukan sebelumnya oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

JANGAN LEWATKAN :

“Tentunya kita sangat bersyukur atas capaian ini. Ini bagian dari komitmen dan kolaborasi dengan seluruh sivitas akademika FKM dan dukungan penuh dari pimpinan universitas,” katanya, Jumat (02/04/2021).

BACA:  Program Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat FKM Unhas Rain Akreditasi A

Aminuddin menegaskan, FKM Unhas selalu memikirkan langkah strategis dan proaktif dalam mengembangkan mutu pelayanan akademik.

Pihaknya bersama unsur pimpinan dan pihak Laboratorium Kimia Biofisik mendiskusikan langkah apa yang harus dilakukan untuk melanjutkan proses akreditasi yang sudah dicanangkan oleh dekan sebelumnya.

“Setelah ada kesepakatan melanjutkan proses akreditasi, maka diputuskan mencari lembaga dengan pengalaman pendampingan pembuatan borang dan dokumen sebagai syarat diakreditasi,” jelas Aminuddin.

Lebih lanjut, Aminuddin menuturkan berbagai upaya ditempuh untuk persiapan akreditasi ini. Langkah ini diawali dengan proses pelatihan para laboran dan pengelola laboratorium.

Juga dilakukan pendampingan membuat dokumen akreditasi, studi kelayakan, dan kesiapan internal melalui Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Unhas.

BACA:  Seminar Nasional FKM Unhas Bahas Tarif Rawat Inap RS

Dengan terakreditasinya Laboratorium Kimia Biofisik FKM Unhas ini diharapkan kualitasnya semakin terjamin, baik laboran, alat-alat laboratorium, maupun metode.

“Para pengguna dan mitra laboratorium tidak merasa khawatir ataupun ragu jika memeriksakan bahan atau produknya (di sini),” tambahnya.

Selain itu, para mahasiswa juga mendapatkan garansi hasil penelitian sekaligus jaminan mutu manuscript jika dimasukkan pada journal bereputasi.

“Kedepannya kami berharap dapat menambah jumlah parameter yang diakreditasi dan laboratorium kami dapat memberikan manfaat lebih baik secara internal maupun eksternal utamanya dalam pengembangan riset dan inovasi,” tutup Aminuddin.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT