FK Unhas Sambut 13 Calon Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi

Ilustrasi tenaga dokter.
Ilustrasi tenaga dokter.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyambut 13 mahasiswa baru Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.

Kepala Departemen Pulmonologi FK Unhas dr. Nur Ahmad Tabri mengatakan, setiap tahunnya jumlah pendaftar pada departemen pulmonologi terus mengalami peningkatan.

JANGAN LEWATKAN :

Hingga saat ini, departemen pulmonologi telah mencetak 53 calon dokter spesialis.

“Kami mengucapkan selama dengan seluruh mahasiswa yang berhasil sampai pada tahap ini,” katanya di sela-sela proses penyambutan, di Pusat Jantung Terpadu Cardiac Centre, Rumah Sakit Wahidin, Selasa (2/3/2021).

BACA:  Webinar Internasional FK Unhas Kaji Persoalan Antropologi Forensik

dr. Ahmad Tabri juga memberikan gambaran singkat terkait profil departemen pulmonologi dan kedokteran respirasi yang mulai berdiri sejak 16 Februari 2016 melalui Surat Keputusan Kemenristekdikti Nomor 103/KPT/1/2016.

“Kita berharap para peserta didik baru bisa berproses dengan baik dan menjadi pelayan masyarakat,” katanya.

Sementara, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dr. Andi Saguni menjelaskan, sebagai rumah sakit pendidikan utama, FK Unhas, memiliki peran penting dalam mewujudkan pendidikan kedokteran berkualitas.

“Untuk itu, dibutuhkan peningkatan mutu terus dimaksimalkan dalam rangka menghasilkan sumber daya unggul dan berdaya saing dengan karakter humanis,” singkatnya.

Kemudian, Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Prof. dr. Budu mengatakan, 13 mahasiswa baru ini sangatlah beruntung.

BACA:  Tingkatkan Pelayanan Untuk Pasien Cuci Darah, RSWS Makassar Kini Miliki 46 Mesin Canggih Hemodialisa

Pasalnya, mahasiswa yang ingin bergabung di Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, FK Unhas setiap tahunnya cukup banyak.

Lebih lanjut, Prof Budu menambahkan 13 peserta didik baru telah melalui proses penerimaan yang sangat ketat. Sehingga, dirinya berharap peserta didik dapat belajar dengan baik.

“Peminat yang masuk ada 25 orang, namun yang berhasil diterima 13 orang. Memang departemen ini merupakan salah satu departemen yang banyak peminat,” ujarnya.

Lanjutnya, sampai saat ini, pihaknya telah membawahi kurang lebih 42 RSUD dalam pemenuhan dokter spesialis dengan melibatkan residen mandiri yang sebagian besar dari departemen pulmonologi.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT