Hendak Melahirkan, Dinkes Makassar Anjurkan Ibu Hamil Lakukan Rapid Test

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Tun Azikin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr Naisyah Tun Azikin.

Makassar, SULSELSEHAT – Dinas Kesehatan Kota Makassar menganjurkan ibu hamil untuk melakukan rapid test terlebih dahulu sebelum ke rumah sakit untuk melahirkan.

 

Selain untuk menjaga kesehatan bayi yang dikandungnya, juga untuk mencegah terulangnya kembali kasus yang tak diinginkan seperti yang menimpa ibu Ervina Yana (30) beberapa waktu lalu.

JANGAN LEWATKAN :

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengharapkan ibu hamil yang hendak melahirkan agar melakukan rapid test terlebih dahulu demi menjaga kesehatan bayinya dan memudahkan semua pihak di tengah pandemi termasuk para tenaga kesehatan.

BACA:  Tak Penuhi Syarat, Gubernur NA Batal Divaksin Covid-19

“Ibu hamil sebaiknya untuk rapid test dulu sebelum melahirkan di puskesmas, kalau memang reaktif kita swab kalau positif baru dirujuk ke RS rujukan Covid,” ujarnya, Jumat (19/06/2020).

Ia menjelaskan bahwa anjuran rapid test bagi ibu hamil di masa pandemi covid-19 sudah sejalan dengan peraturan yang telah dikeluarkan Menteri Kesehatan. Mengingat para tenaga kesehatan harus mengantisipasi lebih awal kemungkinan yang bisa terjadi.

“Sudah Peraturan Menteri Kesehatan, semua ibu hamil yang mau melahirkan harus dirapid untuk keamanan dia sendiri dan juga keamanan petugas kesehatan. Bagaimana kalau orang positif baru pergiki ditolong, jadi harus rapid. Kalau reaktif baru diswab,” jelasnya.

Naisyah berpesan agar ibu hamil rutin memeriksakan kandungannya sehingga jika terjadi masalah bisa segera ditangani.

BACA:  Positif Covid-19 Sidrap Capai 50 Kasus, Sembuh 32, Meninggal 2 Orang

“Diharapkan ibu hamil itu periksa kehamilanya secara rutin. Kalau ada kelainan cepat memberitahukan. Kalau ada demam tiba-tiba ada kontak atau jangan mi keluar-keluar rumah kurungmi dirimu. Tapi kan banyak ji orang melahirkan normal tidak ada masalah yang penting dia jaga diri terapkan protokol kesehatan,” tambahnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT