Waspada! Ketergantungan Narkoba Sangat Rentan Terjangkit Covid-19

Ilustrasi Adiksi Narkoba
Ilustrasi Adiksi Narkoba.

Makassar, SULSELSEHAT – Penderita ketergantungan zat adiktif seperti narkotika sangat rentan terpapar virus Corona (Covid-19) akibat rendahnya imunitas tubuh.

Hal itu dikatakan dr Wahyudi Muchsin, dokter umum dan estetika di Kota Makassar. Menurutnya, di dalam narkoba sebenarnya terkandung zat adiktif yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

JANGAN LEWATKAN :

Hanya sayangnya, kebanyakan orang menyalahgunakan obat tersebut sehingga akhirnya menimbulkan efek ketergantungan.

“Narkoba sebenarnya sangat baik dikonsumsi bagi orang penderita kanker karena di dalamnya mengandung zat adiktif tetapi kebanyakan orang sekarang menyalahgunakan dalam mengkonsumsi narkoba sehingga membuat efek ketergantungan,” ujarnya kepada Sulselsehat.com, Selasa (23/06/2020).

BACA:  Update Covid-19 Sinjai: Bertambah Tiga Orang Positif

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar ini menjelaskan jika penderita telah ketergantungan narkoba maka yang akan diserang adalah sistem kekebalan tubuh sehingga mudah terjangkit penyakit seperti Covid-19.

“Efek ketergantungan narkotika terhadap seseorang dapat menyerang sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga dapat terserang penyakit apalagi virus Covid-19 yang jika imunitas tubuh rendah maka virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, penderita narkoba sebagian besar menggunakan jarum suntik secara bersamaan dengan orang lain sehingga penyebaran penyakit bisa dengan mudah terjadi.

“Penderita narkotika selalu menggunakan jarum suntik secara bersamaan. Selain beresiko tinggi terjangkit Covid-19 akibat lemahnya kekebalan tubuh, mereka juga rentan terinfeksi penyakit HIV/AIDS yang juga sangat mematikan karena belum ada obatnya,” tutupnya.

BACA:  Pilkada 2020, IDI Makassar Harap Tidak Sebabkan Klaster Baru Covid-19

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT