Temui Rektor Unhas, Pj Walikota Makassar Bahas Peran Kampus Tangani Covid-19

Pj Walikota Makassar bertemu Rektor Unhas
Walikota Makassar Rudy Djamaluddin saat memaparkan sejumlah program penanganan Covid-19 saat menemui Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8, Gedung Rektorat, Unhas, Jum’at (3/7). (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Penanganan virus corona atau Covid-19 di wilayah Kota Makassar secara serius masih terus dilakukan jajaran Pemerintah Kota Makassar. Apalagi hingga saat ini angka penyebaran virus tersebut masih relatif tinggi setiap harinya.

 

Hal ini pula menjadi tujuan Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin menemui Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu dengan agenda pembahasan keterlibatan kampus-kampus dalam penanganan Covid-19.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Kerja Rektor, Lantai 8, Gedung Rektorat Unhas, Jum’at (3/7).

Dalam pertemuan itu Rudy Djamaluddin memaparkan sejumlah rencana-rencana dan upaya-upaya yang sedang akan ditempuh untuk mengatasi pandemi di Kota Makassar. Minimal dapat menurunkan angka positif setiap harinya.

“Salah satu rencana kami yaitu akan membentuk tim percepatan penanganan Covid-19, dengan itu kami sangat terbantu dengan keterlibatan ahli-ahli kesehatan dan epidemiologi dari Unhas ini,” katanya.

Ia pun menyampaikan terimakasihnya atas dukungan penuh Unhas kepada Pemkot Makassar dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Terima kasih Ibu Rektor, telah mengijinkan kami untuk memberdayakan sumber daya dan tenaga ahli dari Unhas. Saya sangat terbantu dengan hal ini,” kata Rudy, yang juga Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Makassar.

Sementara, Rektor Unhas menyambut baik dan menyatakan siap memberi dukungan kepada Pemkot Makassar.

Menurut Prof Dwia, upaya penanganan Covid-19 memang membutuhkan partisipasi dan sinergi, dimana semua elemen harus terlibat dan terkoordinasi.

“Kami tentu saja mempercayakan kepada pemerintah untuk memainkan peran sebagai pengatur. Sebagai kampus, kita akan menjalankan peran yang dibutuhkan. Jika ahli kita dibutuhkan, akan kita siapkan. Jika riset dibutuhkan, siap kita laksanakan. Pokoknya, ini harus jadi langkah bersama,” tegas Prof. Dwia.

Sekadar diketahui, salah satu ahli epidemiologi Unhas yang akan dilibatkan dalam Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkot Makassar yakni Anshariadi, SKM, M.Sc.PH., Ph.D yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Akademik pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT