Pendaftaran Rapid Tes Gratis Pemprov Sulsel Dilakukan Secara Online

Gambar Gravatar
Rapid Test Covid-19
Ilustrasi rapid tes Covid-19 (Foto: Medium.com)

Makassar, SULSELSEHAT — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengagas program rapid tes gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan keluar kota atau luar provinsi.

Hal ini berkaitan dengan akan diberlakukannya surat keterangan bebas Covid-19 bagi masyarakat yang akan masuk atau keluar dari Kota Makassar ditengah peningkatan penyebaran virus corona.

JANGAN LEWATKAN :

Sebelum melakukan rapid tes, masyarakat terlebih dahulu mendaftar melalui sistem online dengan mengakses portal: covid19.sulselprov.go.id/rapidgratis.

Saat melakukan pendafatarn, pendaftar terlebih dahulu mengisi biodata diri sebelum datang langsung ke lokasi pusat layanan pemeriksaan yang mulai dibuka Senin, 6 Juli 2020 (hari ini).

BACA:  Lansia yang Mau Divaksin Covid-19 Bisa Daftar Secara Online, Ini Alamat Webnya

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, layanan rapid tes gratis ini kita siapkan 500 kuota setiap harinya seluruh gerai yang disiapkan.

Ada dua lokasi pemeriksaan rapid test gratis yakni Kantor Dinas Kesehatan Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Gedung PKK Provinsi Sulsel, Jalan Masjid Raya.

“Ditempat pemeriksaan ini juga disiapkan surat keterangan reaktif dan non reaktif Covid-19. Bagi mereka dengan hasil pemeriksaan non-reaktif, akan diberikan surat keterangan bebas COVID-19 yang berlaku selama 14 hari,” katanya usai melakukan rapat terbatas terkait percepatan penanganan Covid-19, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (5/7) malam kemarin.

Bagi masyarakat yang mendapatkan surat bebas Covid-19 bisa langsung digunakan untuk kelancaran perjalanan luar daerah di masa pandemi. Sementara bagi masyarakat yang melakukan rapis tes dengan hasil reaktif, maka akan segera diisolasi.

BACA:  Bertambah 1 Lagi, Total Positif Covid-19 di Tana Toraja Sudah 7 Kasus

Menurut Nurdin, pendaftaran layanan rapid tes gratis dilakukan secara online sebagai langkah menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni menjaga jarak.

“Mereka mendaftarnya lewat online supaya kita bisa atur, jangan sampai bergerombol jadi tetap jaga jarak dan pada saat dia daftar telah ditetapkan jam berapa dia datang melakukan rapid tes,” terangnya.

Gerai rapid tes ini juga akan disiapkan di bandara untuk mengcover masyarakat yang akan berpergian menggunakan pesawat terbang.

“Ini menjawab keluhan masyarakat jika biaya swab lebih mahal dibanding harga tiket pesawat, makanya solusinya kita siapkan rapid tes gratis,” terangnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT