Perluas Tracing Covid-19, Unhas akan Maksimal Penggunaan 100 Alat Test Swab dari PMI Makassar

Ketua PMI Kota Makassar Syamsul Rizal
Ketua PMI Kota Makassar Syamsul Rizal saat menyerahkan alat swab test kepada Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dalam rangka penanganan Covid-19 di Ruangan Rektor Unhas, Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea Makassar. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Universitas Hasanuddin akan mendorong pelaksanaan tracing atau pelacakan kasus virus corona atau Covid-19 dalam rangka menekan laju penyebaran atau penularan dengan cepat.

Upaya ini akan dilakukan setelah pihak Unhas menerima bantuan 100 alat swab test dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar.

JANGAN LEWATKAN :

Bantuan ini diserahkan langsung Ketua PMI Kota Makassar Syamsul Rizal kepada Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu di Ruangan Rektor Unhas, Gedung Rektorat Unhas, Kampus Tamalanrea Makassar.

“Alat ini tentunya akan kita berikan ke RSPTN Unhas untuk dimanfaatkan dalam melakukan test dengan cepat. Ini sangat membantu dalam melakukan langkah lanjutan kepada mereka yang mungkin terdeteksi Covid-19,” kata Prof Dwia, Sabtu (15/8/2020).

BACA:  Daerah Diimbau Bentuk Lokasi Isolasi Terpusat untuk Pasien Covid-19

Selain itu, alat test tersebut akan membantu pihak RSPTN Unhas untuk memperluas jangkauan pelacakan (tracing) sebagai upaya menekan laju penyebaran Covid-19.

“Terima kasih atas penyerahan bantuan tersebut. Ini sangat membantu kita dalam mendeteksi cepat pasien yang terkonfirmasi,” ujarnya.

Sementara, mewakili RSPTN Unhas dr Nur Surya Wirawan mengaku, alat swab test tersebut akan memaksimalkan jumlah pasien yang akan melakukan pemeriksaan Covid-19.

Sehingga, diharapkan dengan bertambahnya jumlah pasien yang mengikuti swab test maka penyebaran Covid-19 dapat terdeteksi dengan cepat.

Dikesempatan yang sama Ketua PMI Kota Makassar Syamsul Rizal mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk sinergi dan upaya PMI Makassar sebagai organisasi kemanusiaan untuk terlibat dalam penanganan Covid-19. Apalagi di Makassar angka penularan masih berada di zona merah.

BACA:  Sulsel Terget Perhari Lakukan Pemeriksaan 5.000 Spesimen Covid-19

Termasuk juga untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh RSPTN Unhas dalam mempercepat pelaksanaan pemeriksaan spesimen.

“Kami menyerahkan bantuan 100 paket alat swab diiringi doa dan harapan semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” harap Daeng Ical sapaan akrabnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT