YKI Sulsel Ajak Masyarakat Kenal Kanker Payudara Sejak Dini

Ilustrasi penyakit kanker payudara.
Ilustrasi penyakit kanker payudara.

Makassar, SULSELSEHAT — Kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian banyak wanita. Penyakit ini pun perlu waspadai dan dikenal sejak dini oleh masyarakat khususnya kaum wanita.

Hal ini pun terus didorong pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulawesi Selatan agar bagaimana perempuan mengenali sedini mungkin ciri-ciri yang dianggap gejala kanker payudara.

JANGAN LEWATKAN :

Misalnya perubahan tertentu pada payudara tidak boleh dianggap sepele karena menjadi tanda awal kanker payudara.

“Dengan kita mengetahui informasi lengkap tentang gejala kanker payudara ini maka dapat membantu orang mendapatkan perawatan yang tepat,” kata Ketua YKI Sulsel Lies F Nurdin, Sabtu (29/8/2020).

BACA:  Kantor YKI Kini Dilengkapi Layanan Pemeriksaan Pasien Kanker

Hingga saat ini pihaknya terus melakukan upaya edukasi kepada masyarakat agar sadar dan melakukan pencegahan terhadap kanker payudara tersebut.

“Edukasi kita lakukan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya masyarakat awam, agar dapat lebih dini mengatasi kanker payudara ini. Minimal mereka yang merasa memiliki gejala dapat datang ke rumah sakit sehingga lebih mudah untuk disembuhkan,” ujarnya.

Lanjutnya, pada peringatan Kanker Payudara Oktober nanti pihaknya berharap masyarakat juga lebih sadar agar kanker payudara ini tidak menjadi stigma sehingga berbagai informasi yang tidak valid tidak tersebar di masyarakat.

“Kanker payudara masih menjadi momok, masih banyak yang bertanya apakah kanker ini dapat diturunkan ke keluarga juga beberapa mitos yang masih beredar di masyarakat awam sehingga informasi yang diperoleh tidak akurat dan menimbulkan keresahan tersendiri, yang menyebabkan banyaknya pasien kanker payudara yang tidak berani berobat atau berkonsultasi ke dokter,” terang Lies.

BACA:  Pandemi Covid-19, YKI Sulsel Ajak Survivor Kanker Terapkan Pola Hidup Sehat

Ia melanjutkan, dalam mewujudkan Sulsel bebas kanker payudara, pihaknya menggandeng Universitas Hasanuddin (Unhas). Pasalnya keberadaan Unhas selain memiliki sumber daya kesehatan yang memadai, juga pada layanan kesehatannya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT