Perayaan Nataru, Satgas Covid-19 Makassar akan Perketat Pengawasan

Ilustrasi perayaan tahun baru.
Ilustrasi perayaan tahun baru.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Pemerintah Kota Makassar melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 akan melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas masyarakat pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi terjadinya kegiatan berkerumun yang dapat meningkatkan penularan virus corona atau Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan, saat ini tren kasus Covid-19 kembali mengalami kenaikan utamanya di beberapa pekan terakhir.

“Kami telah meminta kepada Satpol PP untuk kembali memperketat pengawasan kedisiplinan protokol kesehatan. Baik di tempat umum, rumah makan dan restoran,” katanya, Senin (14/12/2020).

BACA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Gowa Keluarkan Perbup Wajib Kenakan Masker

Lanjut Rudy, termasuk aktivitas Tempat Hiburan Malam (THM) saat pelaksanaan tahun baru.

“Kita sudah sampaikan bahwa THM, panti pijit belum pernah diberikan rekomendasi untuk buka. Sehingga kita minta memperketat pengawasan, dan kita sudah minta tolong satpol PP untuk melakukan pengawasan,” ujarnya.

Bahkan, jika dalam melakukan pengawasan, ada ditemukan yang tidak patuh terhadap aturan agar usaha tersebut dilaporkan kemudian diberikan tindakan sesuai aturan yang berlaku. Bahkan pemberian saksi pidana akan diterapkan jika masih melanggar.

“Jika telah melakukan pengawasan dan tetap kepala batu maka laporkan nanti kita yang minta kapolres untuk menurunkan anggotanya. Ini kita lakukan untuk melindungi warga karena saat ini penularan lagi naik,” tegasnya.

BACA:  Tanggulangi Covid-19, Pemkot Makassar Akan Gelar Penyemprotan Desinfektan Massal

Ia mengaku, kunci keberhasilan dalam menurunkan angka kasus Covid-19 adalah kesadaran masyarakat. Kesadaran menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

“Jangan keluar rumah tanpa masker, menjaga jarak saat berada di lokasi kerumunan, dan rajin mencuci tangan. Hal ini harus terbangun dari masyarakat sendiri, karena tidak mungkin kita bisa mengawasi satu persatu,” tegas Rudy.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT