BTKLPP Makassar Kirim Mobil Lab Bergerak untuk Tes PCR Covid-19 Bagi Korban Gempa Sulbar

Gambar Gravatar
Bergerak BTKLPP Kelas 1 Makassar
Petugas Mobil Laboratorium Bergerak BTKLPP Kelas 1 Makassar saat berada di lokasi bencana di Sulbar. (Foto: Dok. BTKLPP Makassar).

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas 1 Makassar mengirimkan mobil laboratorium bergerak ke wilayah gempa di Sulawesi Barat.

Koordinator Tim BTKLPP Makassar Pahrul Razi mengatakan, Mobil Laboratorium Bergerak itu digunakan untuk meningkatkan pemeriksaan spesimen Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

JANGAN LEWATKAN :

“Mobil Laboratorium Bergerak ini sudah beroperasi sejak Rabu (20/1) lalu. Selain untuk pemeriksaan PCR bagi korban, laboratorium bergerak ini juga digunakan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan rapid antigen bagi masyarakat maupun tim relawan,” katanya, Senin (25/1/2021).

BACA:  Catridge Habis, Mesin TCM Pemeriksaan Swab Covid-19 di Lutim Berhenti Operasi

Mobil Laboratorium Bergerak ini dioperasikan di depan Rumah Sakit Regional Sulawesi Barat, Jalam RE Martadinata. Setiap harinya mobil laboratorium tersebut melayani pengambilan sampel untuk 28 orang.

“Kemampuan pemeriksaa Mobil Laboratorium Bergerak ini sebanyak 96 orang dalam sekali running, kalau satu hari bisa 3 sampai 4 kali running,” ujarnya.

Selain itu tim juga mengunjungi posko-posko pengungsian yang menyebar di lokasi bencana, khususnya di Kota Mamuju untuk melakukan Rapid Health Assessement (RHA).

“Kita akan beroperasi untuk membackup pemeriksaan PCR sampai situasi bencana sudah aman,” terang Pahrul.

Mobil Laboratorium Bergerak ini memiliki Bio Safety Cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO).

BACA:  Pemprov Sulsel Siapkan 2 Lokasi Berbeda untuk Rapid Antigen Gratis

Semua peralatan yang digunakan pada Mobil Laboratorium Bergerak telah disesuaikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditentukan.

Nantinya, Mobile Laboratorium Bergerak akan bekerja seperti laboratorium keliling, mendatangi wilayah-wilayah yang memiliki banyak kasus Covid-19 dan berpotensi menyebabkan kasus baru, terutama di Kota Mamuju.

“Dengan hadir dan beroperasinya Mobil Laboratorium Bergerak ini dapat semakin mempercepat pengendalian Covid-19 di Sulawesi Barat,” tutupnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT