Di Sulsel, Hanya Kota Palopo yang Masuk Zona Hijau Covid-19

Gerbang Masuk Kota Palopo
Gambar: Gerbang Masuk Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Makassar, SULSELSEHAT – Tim Gugus Tugas Penanganan (GTPP) Covid-19 Sulawesi Selatan memastikan bahwa Kota Palopo sudah masuk zona hijau. Daerah tersebut satu-satunya di Sulsel yang terbebas dari wabah virus corona (Covid-19).

 

Tim Konsultan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel, Prof Ridwan Amiruddin mengungkapkan bahwa berdasarkan data per 25 Juni 2020, ada dua daerah yang masuk zona merah, 16 zona orange dan lima zona kuning.

JANGAN LEWATKAN :

“Yang (masuk zona) hijau baru satu daerah, yakni Palopo,” ungkap Prof Ridwan saat dikonfirmasi, Kamis (2/7/2020).

BACA:  Pj Walikota Makassar Optimis Dua Pekan Menjabat Penyebaran Covid-19 Turun

Dilihat berdasarkan data tersebut wilayah yang masuk zona merah atau resiko tinggi, yakni Kota Makassar dan Kabupaten Gowa. Khususnya Kota Makassar yang selama ini dianggap sebagai episentrum Covid-19.

Lalu, daerah yang masuk zona orange dengan resiko sedang yakni Kota Parepare, Kabupaten Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sinjai, Bone, Wajo, Maros, Pangkep, Sidrap, Pinrang, Enrekang, Toraja Utara, Luwu utara dan Luwu Timur.

Untuk wilayah yang masuk zona kuning atau kategori resiko rendah, yakni Kabupaten Jeneponto, Barru, Soppeng, Luwu dan Tana Toraja. Dia berharap, ke depan semua daerah masuk kategori zona hijau.

Prof Ridwan juga mengatakan bahwa persoalan mengenai penanganan Covid-19 di Sulsel masih fokus pada program trisula. Yakni massive tracking, intensive testing, dan public health education.

Selain itu Prof Ridwan juga mengemukakan bahwa saat ini Sulsel berada pada momen memasuki puncak pandemi Covid-19.

BACA:  Jelang Libur Panjang, Pemda Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Penularan Covid-19

Hanya saja, dia belum bisa memastikan kapan kurva ini akan melandai, tergantung dari kerja sama masyarakat untuk patuh pada anjuran pemerintah.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT