Kasus di Sulsel Melandai, Hotel Wisata Covid-19 Mulai Dikurangi

Program Inovasi Wisata Covid-19
Program Inovasi Wisata Covid-19 di Sulsel.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan menyebutkan terjadi penurunan kasus penyebaran Covid-19 selama sepekan terakhir.

Hal tersebut terlihat dari data terakhir angka reproduksi efektif (Rt) yang berada di bawah 1 persen atau 0,80 persen.

JANGAN LEWATKAN :

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Sulsel memutuskan untuk melakukan efisiensi atau pengurangan jumlah hotel yang sebelumnya digunakan untuk isolasi pasien terpapar Covid-19 atau program Wisata Duta Covid-19.

“Kita melakukan efisiensi, bukan penutupan ya. Itu karena kita menyesuaikan dengan kasus yang Alhamdulillah mulai melandai saat ini dengan Rt di bawah 1 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr. Ichsan Mustari, Selasa (16/03/2021).

BACA:  Ini Sanksinya Jika ASN Pemkab Gowa Kedapatan Tidak Gunakan Masker

Ia menyebutkan, tercatat ada 5 tempat yang dipertimbangkan untuk ditutup sebagai penyelenggara Wisata Duta Covid-19 diantaranya, Hotel Remcy, Hotel Lynt, Hotel Grand Cellino, Hotel Kamanre di Kota Palopo dan satu rumah sakit yakni RS Hikmah Citra Medika Sengkang di Kabupaten Wajo,

dr. Ichsan menekankan, bahwa pengurangan lokasi program Wisata Duta Covid-19 tersebut bukan berarti adanya pengurangan layanan untuk penanganan pasien Covid-19. Hanya saja, pihaknya berupaya untuk memaksimalkan menajemen pelayanan di titik-titik sentral.

“Melihat kondisi saat ini kita fokuskan gunakan tiga hotel sebagai penyelenggara Wisata Duta Covid-19. Karena daripada menyebar, manajemen kurang bagus. Jadi kita maksimalkan yang ini dulu,” jelas Ichsan.

Sebelumnya, Koordinator Program Wisata Duta Covid-19 Sulsel Husni Thamrin menjelaskan angka kesembuhan pada program isolasi mandiri yang dilakukan di hotel tersebut mencapai 94,7 persen.

BACA:  Naik Lagi, Sulsel Catat 127 Kasus Baru Covid-19 di Sulsel

Secara total hingga 13 Maret 2021, terdapat 13.467 pasien yang dinyatakan sembuh dari program tersebut.

Efisiensi lokasi program Wisata Duta Covid-19 juga ditandai dengan penarikan relawan. Salah satunya di RS Hikmah Citra Medika Kabupaten Wajo.

Bupati Wajo Amran Mahmud menyampaikan terima kasih pada Pemprov Sulsel atas kepercayaan yang telah diberikan untuk menangani peserta pasien Wisata Duta Covid-19 di Wajo.

“Kami juga berterimakasih kepada RS Hikmah dan seluruh atas kerja samanya selama ini, yang telah membantu menangani pasien Covid-19 dengan baik. Sehingga mereka yang dirawat ditempat tersebut bisa sembuh,” kata Amran.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT