Inilah 4 Kunci Kesembuhan Pasien Positif Covid-19

Pasien Covid

Makassar, SULSELSEHAT – Pasien positif terpapar virus corona atau Covid-19 saat menjalani perawatan tidak sedikit yang berhasil sembuh.

Di Sulawesi Selatan tercatat dari 4.062 kasus positif sebanyak 1.232 atau 30.4 persen pasien yang dinyatakan sembuh total.

JANGAN LEWATKAN :

Menurut Kepala Puskesmas Bajeng dr Nurwahyudi, ada empat kunci keberhasilan pasien berhasil sembuh dari Covid-19.

Ia menjelaskan, pertama, penemuan kasus ditemukan secara dini sebelum ke arah yang lebih parah. Hal inilah mengapa kejujuran pasien sangat dibutuhkan, apalagi ketika adanya riwayat perjalanannya ke wilayah penyebaran virus. Termasuk pula kejujuran pasien menjelaskan riwayat perjalanannya saat melakukan pemeriksaan juga sangat dibutuhkan.

BACA:  Sekprov Sulsel Lantik Sepuluh Pejabat Fungsional RSUD Sayang Rakyat

Contoh kasus, salah satu pasien yang sembuh dari Covid-19 di Kabupaten Gowa karena pasien tersebut langsung berinisiatif memeriksakan diri ke puskesmas karena memiliki gejala klinis setelah menjalani perjalanan ke luar negeri. Dari hasil pemeriksaan melalui rapid test dan swab ia pun dinyatakan terpapar Covid-19.

“Jadi kejujuran masyarakat cepat memeriksakan diri kalau merasa ada gejala adalah hal yang sangat utama dalam kesembuhan,” katanya kepada Sulselsehat.com, Rabu (24/6).

Kedua, pasien dapat menjaga daya tahan tubuhnya dengan banyak mengkonsumsi makanan bergizi. Termasuk mengkonsumsi vitamin.

“Mengkonsumsi makanan sehat dan buah-buahan di tambah vitamin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita. Daya tahan tubuh yang kuat dapat mematikan virus yang ada dalam tubuh kita dengan sendirinya,” terang dr. Yudi.

BACA:  Positif Covid-19 Bone Bertambah 1 Lagi, Total Kasus Kini Capai 25 Orang

Kemudian, ketiga yakni tidak adanya riwayat penyakit lain. Pasien yang terpapar Covid-19 tidak sedikit karena adanya riwayat penyakit lain, seperti gangguan pernapasan kronis, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung, stroke dan hipertensi), diabetes, penyakit ginjal dan kanker.

“Masyarakat yang menderita penyakit ini sangat rentan terpapar virus, termasuk Covid-19,” ujarnya.

Keempat, usia seseorang. Pasien yang positif saat ini kebanyakan berada di rentang usia 45-65 tahun. Hal ini karena sistem imun di usia seperti ini mulai menurun, sehingga virus dapat sangat mudah menyerang.

Kelima disiplin melakukan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dan mau mematuhi anjuran petugas kesehatan.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT