Pemberian Vaksin Covid-19 untuk Masyarakat Sulsel Masih Tunggu Juknis

Vaksin Covid-19
Ilustrasi pemberian vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan.

Makassar, SULSELSEHAT.COM — Setelah vaksin virus corona atau Covid-19 buatan Sinovac tiba di Indonesia. Pemerintah daerah mulai mempersiapkan jadwal vaksinasi untuk masyarakat.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengungkapkan, untuk jadwal vaksinasi pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (juknis). Utamanya mengenai jatah vaksin siap pakai dari perusahaan biofarmasi asal Cina ini.

“Kita masih menunggu juknis, yang pasti kita telah siapkan tempat pembekuan storage,” katanya, Rabu, (9/12/2020).

Olehnya sebelum adanya jadwal yang tepat dari pemerintah pusat, pihaknya menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Sulsel agar terlebih dahulu menyiapkan data klinis masing-masing warga di 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel.

“Saya juga sudah minta Bapak Kadis Kesehatan untuk siapkan data kilinis masing-masing warga, dan mulai nanti kita coba buat programnya,” ujarnya.

Mengenai siapa yang harus diprioritaskan, kata Nurdin, tetap masih menunggu juknis dari pemerintah pusat mengenai pembagian dan metode penetapannya.

“Siapa yang menjadi prioritas dulu ini juga kita masih menunggu juknis dari pusat. Tapi bagi masyarakat yang ingin cepat, kan ada vaksin mandiri, tapi jika ini vaksin dari pemerintah tentu harus ikut aturan dari pemerintah juta,” tegas Nurdin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr. Ichsan Mustari mengatakan, kini pihaknya mulai mendata jumlah masyarakat termasuk tenaga kesehatan yang akan mendapatkan vaksin Covid-19.

“Pemberian vaksin Covid-19 akan diprioritaskan bagi nakes yang dianggap sebagai pihak paling rentan tertular,” katanya.

Dirinya pun memastikan telah siap melakukan vaksinasi Covid-19 karena telah menyiapkan seluruh kebutuhan vaksin di jauh-jauh hari sebelumnya.

Sekadar diketahui, vaksin Sinovac tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300ER.

Vaksin diangkut dengan meggunakan kontainer khusus bertuliskan ENVIROTAINER berkode RAP81179PC.

Environtainer merupakan kontainter khusus dengan pengatur suhu untuk angkutan udara. Vaksin selanjutnya yang akan tiba di Indonesia pada Januari 2021 sebanyak 1,8 juta dosis.

Selain itu juga akan tiba 45 juta dosis bahan baku curah untuk pembuatan vaksin Covid-19. Sebanyak 45 juta dosis itu akan tiba dalam dua gelombang. Gelombang pertama sebanyak 15 juta dosis dan gelombang kedua 30 juta dosis.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT