SehatPedia Tawarkan Layanan Konsultasi Kesehatan Gratis, Termasuk Covid-19

Makassar, SULSELSEHAT — Transformasi sistem kesehatan penting dalam memudahkan akses dalam memberikan informasi terkait sistem pelayanan kesehatan.

Termasuk di tengah-tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini yang tujuannya agar penanganan dan pencegahan yang dilakukan tepat sasaran.

JANGAN LEWATKAN :

Hal inilah yang mendorong Kementerian Kesehatan RI menciptakan layanan aplikasi kesehatan bernama SehatPedia.

Sehatpedia ini adalah aplikasi yang sangat mudah dioperasikan dengan terlebih dahulu mengunduh pada layanan PlayStore smartphone Anda.

Aplikasi ini untuk menawarkan berbagai informasi atau konsultasi kesehatan yang akurat, kredibel dan terpercaya terutama terkait Covid-19.

BACA:  Tak Ada Insentif Nakes, IDI Makassar: Kami Fokus Obati Pasien Covid-19

Layanan ini disiapkan Kemenkes sebagai upaya dalam mempermudah masyarakat mendapatkan informasi kesehatan yang jelas. Aplikasi SehatPedia ini dapat diakses secara gratis.

Aplikasi SehatPedia ini merupakan strategi inovasi dalam peningkatan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi dan informasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Dalam aplikasi SehatPedia menawarkan enam fitur utama.

Pertama, Konsultasi Interaktif (Live Chat)

Fitur ini merupakan wadah konsultasi interaksi masyarakat dengan dokter unit pelaksana tugas (UPT) yang sudah bergabung dengan SehatPedia.

Hingga saat ini dokter spesialis yang bergabung berasal dari 33 rumah sakit yang menjadi UPT Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (Ditjen Yankes).

Kedua, Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Fitur ini dapat diakses masyarakat untuk mendapatkan informasi rumah sakit serta dokter-dokter profesional dan berpengalaman yang dapat memberikan konsultasi melalui aplikasi SehatPedia.

BACA:  Bisa Pengaruhi Ekonomi, Pemprov Sulsel Masih Kaji Pemberlakuan Rapid Test Antigen

Para dokter-dokter ini pun dinilai mampu memberikan konsultasi spesialistik kepada masyarakat.

Ketiga, Artikel Kesehatan

Fitur ini sebagai pusat informasi kesehatan yang memberikan edukasi tentang upaya promotif, preventif, dan kuratif di bidang kesehatan.

Keempat, Regulasi Bidang Kesehatan (ePolicy)

Fitur yang disediakan SehatPedia ini agar masyarakat dan pemangku kepentingan bidang kesehatan dapat mengakses seluruh kebijakan bidang kesehatan yang terdiri dari peraturan perundang-undangan hingga Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran (PNPK).

Kelima, Tautan Pendaftaran Online Rawat Jalan

Fitur ini sebagai layanan bagi masyarakat untuk mendaftar secara online dalam pelayanan rawat jalan di rumah sakit hingga pendaftaran dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Keenam, Fitru Covid-19

Fitur ini adalah layanan baru yang disiapkan Kemenkes ditengah pandemi Covid-19. Dalam fitur ini menyiapkan akses informasi kepada masyarakat terkait cara melakukan self asesment, self isolation, artikel kesehatan Covid-19, dan online konsultasi sebagai upaya membantu masyarakat mendapatkan layanan penanganan Covid-19 yang benar.

BACA:  Tambah 6 Kasus Baru, Covid-19 di Maros Capai 182 Kasus, 80 Orang Sedang Dirawat

Sehatpedia merupakan wujud inovasi kesehatan yang dilatarbelakangi oleh perkembangan era digital.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT