Gelar Aksi Donor Darah, Komunitas Pesepeda Telkomas Kumpulkan 29 Kantong Darah

Aksi Donor Darah

MAKASSAR, SulselSehat – Komunitas Pesepeda bernama Spirit Passapeda Orang Telkomas dan Sekitarnya (SPOT) menggelar donor darah bertempat di Warkop Wijaya Telkomas, Minggu (31/07/2022).

 

Aksi sosial yang dilakukan dengan mengangkat tema ‘Setetes Darah Untuk Kemanusiaan” diikuti oleh puluhan anggota komunitas dan masyarakat di lingkungan Perumahan Taman Telkomas, Kecamatan Biring Kanaya Kota Makassar.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua komunitas SPOT Ir. H. Suryadi dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial komunitas SPOT.

“Aksi donor darah kali ini baru perdana kami lakukan bekerja sama dengan UTD Propinsi Sulawesi Selatan. Harapannya, sumbangsih darah dari sini bisa membantu sesama yang membutuhkan,” jelasnya.

BACA:  Pandemi Covid-19, Pemkab Gowa Galakkan Gerakan Sehat Lewat Donor Darah

Menurut mantan karyawan Semen Tonasa ini, ke depannya aksi sosial donor darah akan dilakukan komunitas SPOT secara rutin.

“Insya Allah kita akan rutinkan kegiatan ini, minimal sekali dalam 4 bulan,” terang kaka Suryadi, panggilan khasnya di komunitas pesepeda Telkomas.

Dari kegiatan donor darah tersebut berhasil terkumpul 29 kantong darah.

“Alhamdulillah, bisa terkumpul hingga 29 kantong darah. Sayangnya, ada 12 orang yang gagal donor karena alasan kesehatan seperti tekanan darah terlalu tinggi atau malah sangat rendah,” kata Asri Tadda, Sekretaris SPOT yang menjadi koordinator kegiatan.

Keberhasilan komunitas pesepeda Telkomas melakukan aksi donor darah inipun menuai apresiasi banyak pihak.

Salah satunya dari dr. Debbie, dokter penanggung jawab dari UPT Transfusi Darah Propinsi Sulawesi Selatan yang hadir pada kegiatan itu.

BACA:  Pandemi Covid-19, Pemkab Gowa Galakkan Gerakan Sehat Lewat Donor Darah

“Untuk ukuran komunitas, mendapatkan 29 kantong darah adalah sesuatu yang luar biasa. Ini artinya, komunitas dan masyarakat di kompleks ini saling mendengar, saling menghargai. Kerja sama antar warganya juga betul-betul kelihatan,” ungkapnya.

Dari kegiatan ini diketahui ada 4 orang yang baru pertama kali melakukan donor darah, sementara 25 lainnya sudah donor berulang. Sementara, jumlah laki-laki yang menjadi pendonor adalah 20 orang, sedangkan perempuan 9 orang. [rls]

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT