Posisi 3 Nasional, PMI Bantu 1.000 Sprayer Tangani Covid-19 di Sulsel

Ketua Umum PMI Pusat HM Jusuf Kalla
Ketua Umum PMI Pusat HM Jusuf Kalla di Gedung Balai Prajurit Jend. M.Jusuf, Makassar. PMI Pusat Bantu 1.000 Sprayer dan Mobil Gunner untuk Bantu Tangani Covid-19 di Sulsel.

Makassar, SULSELSEHAT – Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan bantuan 1.000 sprayer dan 2 unit mobil gunner guna mendukung pemerintah dalam upaya percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan.

 

Merujuk dari data Kementerian Kesehatan RI, Selasa (17/06/2020), Provinsi Sulawesi Selatan menempati urutan ke-tiga jumlah Covid-19 terbanyak di Indonesia dengan 3.200 kasus positif.

JANGAN LEWATKAN :

Ketua PMI Pusat, HM Jusuf Kalla mengatakan penanganan Covid-19 di wilayah Sulsel ini butuh ketegasan, kecepatan dan secara bersama-sama. Mengingat Susel ini menjadi wilayah dengan kasus Covid-19 terbesar di Indonesia di luar Jawa.

BACA:  Didominasi Perempuan, Swab Test Gratis PKK - Dinkes Gowa Diikuti Ratusan Peserta

“Pemerintah bersama-sama PMI harus mengintervensi dengan melakukan penyemprotan disinfektan untuk mematikan virus di manapun tempatnya untuk mengurangi korbannya,” ujarnya, Kamis (18/06/2020) di Gedung Balai Prajurit Jend. M.Jusuf, Makassar

Olehnya itu, Mantan Wakil Presiden RI meminta agar penyemprotan disinfektan bisa ditingkatkan. Dirinya yakin ini akan dapat mengurangi angka kasus Covid-19 di wilayah Sulsel.

“Jangan menyerah, kita harus menentukan nasib kita dengan cara bersatu dan bekerja keras. PMI siap membantu upaya itu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa dengan bantuan itu, penyemprotan disinfektan khususnya di wilayah Sulsel akan lebih diintensifkan dan dimassifkan.

“Tadi Ketua PMI Pusat sampaikan akan dikirim 1.000 sprayer dan juga akan ditambah mobil gunner. Saat ini kita punya dua mobil gunner akan ditambah lagi 3 sehingga menjadi 5 mobil gunner,” ujarnya.

BACA:  Penanganan Covid-19 Dinilai Sama Dengan Pengobatan TBC

Lanjut Adnan, PMI Sulsel siap bersinergi bersama pemerintah dan Gugus Tugas untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Kedepannya, kata Bupati Gowa ini, penyemprotan akan difokuskan di perkantoran, masjid-masjid, rumah-rumah ibadah dan tempat-tempat lainnya seperti mall dan pasar.

“Kita harus bahu-membahu bersama-sama untuk bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19 dengan cara penyemprotan disinfektan. Hasil penelitian mengatakan bahwa penyemprotan disinfektan dengan alkohol 70% virus apapun 1 menit itu akan mati,” tambahnya.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT