Sehari, Pemprov Sulsel Siapkan 500 Kuota Rapid Tes Gratis

Ilustrasi Rapid Test
Ilustrasi Rapid Test.

Makassar, SULSELSEHAT — Pemerintah Sulawesi Selatan menyiapkan 500 kuota untuk masyarakat yang akan melakukan rapid tes gratis.

 

Program rapid tes gratis ini diperuntukkan bagi masyarakat yang hendak bepergian, khususnya mereka yang melakukan perjalanan antar kota atau antar propinsi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, layanan rapid tes gratis ini akan disiapkan di beberapa gerai yang tersebar di Kota Makassar.

Ini sebagai bentuk meringankan masyarakat yang membutuhkan surat keterangan sehat saat akan melakukan perjalanan ke luar daerah.

BACA:  Pemkab Jeneponto Siapkan Layanan Pengambilan Surat Bebas Covid-19 di 5 Puskesmas

“Kita buat aturan jangan sampai memberatkan masyarakat, shingga kita bikin gerai-gerai silahkan yang berkemampuan cari tempat rapid atau swab yang berbayar, kita juga tidak menghalangi itu. Tapi kita juga harus menyiapkan tempat yang tidak berbayar,” katanya usai melakukan rapat terbatas terkait percepatan penanganan Covid-19, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Minggu (5/7) malam kemarin.

Ia menyebutkan, pada layanan rapid tes ini hanya menyiapkan 500 kuota setiap harinya. Sehingga jika di hari tersebut kapasitas kuota telah penuh maka akan dipindahkan ke hari berikutnya.

Kemudian, untuk skema pelayanan. Masyarakat yang akan melakukan rapid tes untuk terlebih dulu mendaftar secara online. Hal ini dilakukan untuk menerapkan protokol kesehatan ketat yakni menjaga jarak.

BACA:  Jus Mengkudu Belum Teruji Klinis Dapat Obati Covid-19

“Mereka mendaftarnya lewat online supaya kita bisa atur, jangan sampai bergerombol jadi tetap jaga jarak dan pada saat dia daftar telah ditetapkan jam berapa dia datang melakukan rapid tes,” terangnya.

Gerai rapid tes ini juga akan disiapkan di bandara untuk mengcover masyarakat yang akan berpergian menggunakan pesawat terbang.

“Ini menjawab keluhan masyarakat jika biaya swab lebih mahal dibanding harga tiket pesawat, makanya solusinya kita siapkan rapid tes gratis,” terangnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel mengagas program rapid tes gratis. Program ini diijadwalkan dilaunching pada Senin, 6 Juli 2020.

Pada pemeriksaan ini juga akan dilengkapi dengan surat keterangan reaktif atau tidak terhadap Covid-19. Layanan rapid tes gratis akan berlangsung di dua lokasi yakni Aula Balai Kartini jalan Masjid Raya dan di Aula Dinas Kesehatan Propinsi Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan.

BACA:  Bertambah 4 Lagi, Total Positif Covid-19 di Soppeng Kini Jadi 82 Orang

“Ini kita gratiskan bagi yang mau berangkat, kebetulan kan keterangan itu sudah mulai kita gunakan,” terang Nurdin Abdullah.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT