Mengandung Hesperidin, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Akan Olah Tanaman Jeruk Untuk Cegah Covid-19

Jeruk Mengandung Hesperidin
Mengandung Hesperidin, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Akan Olah Tanaman Jeruk Untuk Cegah Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT —  Mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar akan membuat sejumlah inovasi dengan memanfaatkan tanaman herbal dari jeruk jenis Hesperidin pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

KKN tematik Unhas tahun ini mengusung tema ‘Bersatu Melawan Covid-19’, dimulai sejak tanggal 08 Juli 2020 hingga 07 Agustus 2020.

JANGAN LEWATKAN :

Dosen FKM Unhas dan Pengelola P2KKN Unhas, Awaluddin mengatakan untuk inovasi-inovasi yang akan dibuat, dikelompokkan berdasarkan tematik para mahasiswa KKN.

“Inovasi yang dibuat terutama dalam upaya memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi terkait dengan edukasi masyarakat tentang Covid-19, dan mendorong UMKM memanfaatkan pemasaran online kalau produknya baru, akan diketahui setelah anak-anak di lapangan,” ujarnya, Selasa (14/07/2020).

BACA:  Warga Palopo yang Positif Corona Ternyata Berdomisili di Makassar

Sementara salah satu mahasiswa peserta KKN yang mengambil tematik Lawan Covid-19, Zulkifli mengatakan inovasi yang ia rencanakan adalah penyuluhan langsung Covid-19 bersama perangkat Kelurahan.

Selain itu, ia juga akan mengadakan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang akan dijadikan obat herbal.

Diantaranya yang direncanakan adalah tanaman jeruk karena mengandung hesperidin yang memiliki potensi paling kuat disusul dengan senyawa pada lengkuas, secang, dan kunyit.

Kata dia, diketahui dari sejumlah penelitian terdahulu, unsur hesperidin pada buah jeruk memiliki manfaat sebagai imunomodulator (meningkatkan imunitas), anti-inflamasi, dan antioksidan.

“Semuanya ini akan dibuat dan menjadi bahan alami yang baik untuk mencegah betacoronavirus, termasuk SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab Covid-19,” tuturnya.

BACA:  Siap-siap! Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes di Sulsel Mulai 13 Januari 2021

Diketahui hesperidin dalam jeruk itu bisa mengikat lebih kuat dengan mudah pada protein target di virus maupun sel inang.

Senyawa ini membuat blokade yang menghambat perkembangan virus menginfeksi sel inang maupun mereplikasi diri.

Karena itu, jeruk sangat direkomendasikan diteliti lebih lanjut potensinya sebagai bahan obat yang bisa mencegah infeksi virus masuk ke tubuh. Studi lain, hesperidin juga dilaporkan mampu menghambat replikasi virus influenza A.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT