8 Dosen Unhas Positif Covid-19, Masuk Kategori OTG

RDT Dosen Unhas
Sejumlah dosen Unhas dari berbagi fakultas saat mengikuti rapid test awal Juli lalu. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Sebanyak 8 dosen Universitas Hasanuddin dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 berdasarkan hasil swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) setelah sebelumnya reaktif melalui pemeriksaan rapid test.

Direktur Komunikasi Unhas Suharman Hamzah menyebutkan bahwa hasil test swab ini diterima secara bertahap. Setiap dosen yang ditemukan positif, langsung diarahkan untuk isolasi, mengingat semua dosen ini berada pada kondisi sehat atau tanpa gejala.

JANGAN LEWATKAN :

“Kami mohon maaf karena agak terlambat menyampaikan hasil keseluruhan, sebab ada beberapa sampel yang harus melalui pemeriksaan ulang. Ini untuk memastikan hasil yang akurat terhadap kondisi masing-masing dosen yang diperiksa tersebut,” katanya dalam keterangan tertulis kepada Sulselsehat.com, Sabtu (18/07/2020).

BACA:  28 Puskesmas di 7 Kabupaten Terima Alkes dari TBM Calcaneus Unhas

Sejak dilakukan pengambilan sampel swab, setiap dosen yang ditemukan positif langsung menjalankan isolasi mandiri. Sehingga, potensi penyebaran dapat ditekan dengan cepat.

Ia menyebutkan, delapan dosen dengan hasil positif Covid-19 ini menyebar di beberapa fakultas yang berbeda-beda.

Proses pemeriksaan potensi Covid-19 terhadap dosen dilaksanakan Unhas bekerjasama Tim Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Selatan, Gugus Tugas Kota Makassar, Rumah Sakit Daya, dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan berbagai pihak yang terlibat dalam proses ini, khsusnya kepada tim medis yang melakukan rapid test dan pengambilan sampel swab, serta BBLK Makassar yang melakukan pemeriksaan PCR,” kata Suharman.

BACA:  Dr Hisbullah: Ya, Betul Kami Dapat Keuntungan dari Mengelola Corona!

Sebelumnya, sekitar 1.000 dosen Unhas dari berbagai fakultas mengikuti rapid test. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan 19 dengan hasil reaktif.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT