Turut Perangi Covid-19, Mahasiswa KKN Tematik Unhas Rancang Mesin Cuci Tangan untuk Warga

Mahasiswa KKN Tematik Unhas
Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Gelombang 104 Unhas membuat mesin cuci tangan dengan konsep pedal. Ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat untuk membiasakan diri mencuci tangan dalam mencegah penyebaran Covid-19. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Salah satu pola hidup sehat untuk menjaga diri dari penularan virus corona atau Covid-19 adalah dengan membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sehabis beraktifitas.

Selain itu, kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun ini dilakukan sebelum dan setelah makan maupun setelah memegang benda-benda yang dapat menjadi daerah perkembangan virus, termasuk Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Hal ini pun dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Covid-19 Gelombang 104 Universitas Hasanuddin.

Mereka mengedukasi masyarakat di sekitar lokasi KKN yaitu wilayah Tamalanrea 6, Kota Makassar, dengan merancang program kerja pembuatan mesin cuci tangan sistem pedal.

BACA:  Peringatan HUT RI di Tengah Pandemi, NA: Moment untuk Sadarkan Kita Pentingnya Kesehatan

“Program kerja ini sebagai bagian dari keterlibatan mahasiswa untuk bersama-sama membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran Covid-19. Perlengkapan ini mendukung penerapan protokol kesehatan, salah satunya mengajak masyarakat membiasakan diri mencuci tangan,” kata Arif, Koordinator KKN Posko Tamalanrea 6, Senin (10/8/2020).

Kegiatan ini dinilai sebagai langkah nyata mahasiswa di lokasi KKN dalam menekan laju penyebaran Covid-19.

Selain itu,program lainnya yang dilakukan adalah sterilisasi melalui penyomprotan disinfektan di wilayah Tambasa dan Kampung Parang.

“Kegiatan ini berguna untuk menghilangkan atau membunuh segala hal terkait mikroorganisme, baik virus dan bakteri pada objek permukaan benda mati yang tentunya dapat mengatasi Covid-19,” terangnya.

Mereka juga membagikan sejumlah masker, membuat papan jalan edukasi Covid-19, memasang spanduk dan berbagai program kerja lainnya yang mendukung upaya pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

BACA:  Pemprov Sulsel Gandeng YKI Siapkan Layanan Rapid Test Antigen Gratis, Sehari 100 Kuota

“Melalui program kerja yang telah dilaksanakan kita harapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar dalam mencegah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT