Rentan Terpapar Covid-19, Anak Harus Dijaga Saat Bermain di Luar Rumah

Makassar, SULSELSEHAT — Di tengah aktivitas kebiasaan baru atau new normal pada masa pandemi virus corona atau Covid-19 berbagai kegiatan sosial mulai dilonggarkan, termasuk aktivitas anak di luar rumah.

Padahal sebagaimana diketahui, anak menjadi salah satu kelompok yang dinilai rentan terpapar virus termasuk Covid-19.

JANGAN LEWATKAN :

Karena itu, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengajak para orangtua agar tetap memantau sekaligus mengatur aktivitas anak-anak di luar rumah pada masa new normal.

Hal ini dilakukan sebagai upaya melindungi anak-anak dari risiko penularan Covid-19.

“Orangtua harus sebisa mungkin mengawasi anak-anaknya dari penyebaran virus ini. Mereka harus memperhatikan dan mengatur aktivitas bermain anak saat berada di luar rumah saat pandemi Covid-19. Jaga kesehatan anak kita semua, karena mereka adalah masa depan bangsa,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ritamariani, Senin (14/9/2020).

BACA:  Setelah Ditutup Sementara, Laboratorium RS Unhas Kini Sudah Beroperasi Kembali

Ia mengungkapkan, beberapa hal yang perlu dilakukan orangtua dalam menjaga anak dari paparan Covid-19 di tengah aktivitas antara lain.

Pertama, orangtua diminta untuk terus mengupdate informasi tentang perkembangan pandemi Covid-19 di daerah masing-masing. Hal ini ini untuk mengetahui kondisi daerah masing-masing, sehingga dapat mengambil tindakan cepat sebagai bentuk pencegahan.

Kedua, memberikan contoh pada anak dalam mencegah diri dari penularan Covid-19 saat berada di luar rumah.

Misalnya, melatih anak menjaga jarak fisik dengan orang lain atau physical distancing, melatih anak membiasakan memakai masker atau face shield saat keluar rumah dan membiasakan anak sesering mungkin mencuci tangan.

“Semua hal yang ada dalam penerapan protokol kesehatan harus kita kenalkan kepada anak sejak dini. Orangtua punya hak dalam hal ini,” terangnya.

BACA:  Jelang Dibuka Kembali, Dispar Makassar Akan Cek Protokol Kesehatan Bioskop

Selanjutnya, yang ketiga, memperhatikan cemilan dan makanan yang akan di konsumsi anak. Orangtua di masa pandemi ini harus bisa memberikan anak makanan yang sehat dan dari olahan sendiri.

Kemudian yang keempat adalah, anak diajarkan untuk memilih teman bermain dan bersosialisasi yang tepat.

Sementara Dokter Spesialis Anak dr Indra mengatakan, cara menjaga anak tetap sehat dan kreatif di tengah pandemi Covid-19. Terutama dalam menjaga mereka dari penularan adalah tergantung kondisi masing-masing keluarga.

“Intinya jika anak kita ingin tetap sehat dan menjaga mereka dari penularan maka orangtua harus ketat menjalani protokol kesehatan. Bahkan sebisa mungkin anak-anak kita tetap di rumah saja,” katanya.

BACA:  Bertambah 83 Kasus, Total Pasien Positif Covid-19 di Makassar 4.511

Sementara, untuk menjaga agar proses kreatif anak tetap terbentuk dimasa proses tumbuh kembangnya. Maka orangtua harus bisa menyediakan permainan sesuai usia anak.

“Orangtua juga harus bisa menjadi teman yang baik bagi anak. Termasuk teman saat anak bermain di rumah,” tegas salah satu dokter anak di RSIA Permata Hati Makassar ini.

Lanjutnya, selama anak berada di rumah, mereka (anak-anak) harus tetap dijamin agar imun mereka tetap baik sehingga dapat mengurangi resiko penularan virus.

“Untuk menjaga imun anak, kita cukup memberikan vitamin untuk anak, dan memberikan makanan dengan komposisi gizi seimbang,” tutup salah satu Anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sulsel ini.

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT