28 Puskesmas di 7 Kabupaten Terima Alkes dari TBM Calcaneus Unhas

Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Unhas
Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin saat menyalurkan bantuan alat kesehatan penanganan Covid-19 di 7 kabupaten di Sulsel. (Foto: Istimewa)

Makassar, SULSELSEHAT — Tim Bantuan Medis (TBM) Calcaneus Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin menyalurkan alat pelindung diri (APD) bagi petugas kesehatan dalam penanganan pasien virus corona atau Covid-19.

Ketua TBM Calcaneus FK Unhas Syahrul mengatakan, pihaknya kembali menyalurkan APD dan alat kesehatan lainnya kepada 28 puskesmas yang tersebar di tujuh kabupaten di Sulawesi Selatan.

JANGAN LEWATKAN :

“Ini bagian dari kegiatan “Ekspedisi Sulawesi Selatan”, yang juga menjadi rangkaian dari peringatan Dies Natalis FK Unhas ke-28,” katanya dikonfirmasi, Senin (05/10/2020).

Adapun tujuh daerah yang menjadi titik penyaluran yaitu Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Sidrap, Barru dan Pangkep.

BACA:  Tunjang Kelengkapan Layanan Kesehatan, Aliyah Mustika Ilham Salurkan Alkes di 6 Kabupaten

Daerah ini dipilih berdasarkan angka statistik kejadian sesuai informasi dan hasil survey terkait keadaan puskesmas dalam menghadapi Covid-19.

“Penyaluran kita lakukan selama empat hari sejak 1 hingga 4 Oktober 2020 kemarin. Allhamdulilah penyaluran berlangsung dengan lancar,” ujarnya.

Untuk tahun ini Ekspedisi Sulawesi Selatan memang fokus pada bantuan alat kesehatan penanganan Covid-19.

Pasalnya jumlah kasus terpapar virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini secara statistik cenderung meningkat. Belum lagi sesuai hasil survey dan analisis data bahwa hampir 55 pasien pasien Covid-19 di Sulsel iidentifikasi awalnya melalu screening di layanan primer.

“Tujuan utamanya tentu menjalin silatuhrahmi dengan layanan primer sekaligus memberikan bantuan donasi dalam bentuk APD dan alat kesehatan,” katanya.

BACA:  Tempat Kerja dan Pabrik Dinilai Jadi Sentra Penyebaran Covid-19

Syahrul menambahkan, donasi APD dan alat kesehatan tersebut bersumber dari dana organisasi, dana Kemahasiswaan FK Unhas dan donasi dari masyarakat.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan APD dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat secara aktif mendukung upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Terpisah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FK Unhas, dr Firdaus Hamid memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa FK Unhas.

Menurutnya, citra mahasiswa sebagai suara masyarakat sangat terlihat dalam kinerja Ekspedisi Sulawesi Selatan yang diselenggaralan oleh TBM Calcaneus.

“Ini sekaligus menjadi akutualisasi nilai Tridharma Perguruan Tinggi, dan menjadi bukti nyata bahwa kepedulian harus di bangun bersama,” kata dr Firdaus.

BACA:  Cegah Klaster Baru Covid-19, Disdukcapil Makassar Himbau Pemohon KTP Ambil Nomor Antrian Online

Baca berita terbaru SulselSehat langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom. Mau terbitkan rilis berita atau artikel opini di SulselSehat? Kirim ke email: redaksisulselsehat@gmail.com.

INFORMASI TERKAIT