Pemkot Makassar akan Buka Bioskop dengan Protkes Ketat

Ilustrasi bioskop dengan penerapan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19.
Ilustrasi bioskop dengan penerapan protokol kesehatan ketat di tengah pandemi Covid-19.

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Pemerintah Kota Makassar merencanakan pembukaan bioskop meski di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Hanya saja, izin akan diberikan kepada pengelola dengan aturan ketat agar penularan kasus Covid-19 dapat terus dikendalikan.

JANGAN LEWATKAN :

Penjabat Walikota Makassar Rudy Djamaluddin mengatakan, pihaknya pada dasarnya ingin mendorong ekonomi terus bergerak, namun pandemi Covid-19 yang saat ini melanda seluruh daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Makassar, membuat pemerintah harus waspada dalam mengambil kebijakan.

BACA:  Dari Target 80 Ribu, Pemprov Sulsel Telah Lakukan 55 Ribu Tes Swab

“Kita ingin mendorong ekonomi masyarakat agar kembali bergerak  ditengah pandemi. Namun syaratnya itu tidak boleh memperburuk upaya pengendalian yang selama ini kita lakukan secara bersama-sama, apalagi beberapa bulan terakhir kita sudah mampu menekan angka kasus baru,” katanya, Selasa (3/11/2020).

Meski belum menentukan kapan hal itu bisa direalisasikan namun, dirinya menegaskan kepada seluruh pengusaha bioskop untuk memperhatikan protokol kesehatan.

Termasuk menyiapkan sarana pencuci tangan sebelum masuk ke bioskop hingga aturan zona wajib masker dan menjaga jarak. Termasuk memastikan sirkulasi udara didalam gedung bioskop dalam kondisi aman dan baik.

Menurutnya, karena jika penerapan protokol kesehatan tidak dapat diterapkan dengan ketat maka akan sangat memicu potensi penularan Covid-19 secara besar-besaran. Bahkan bisa saja menimbulkan klaster bioskop.

BACA:  Mulai Pasarkan Produk Eucalyptus Anti Covid-19, Kementan Gandeng Cap Lang

“Sebenarnya sama saja dengan izin pesta pernikahan. Selama protokol kesehatan bisa dipastikan berjalan tentu saja bisa direkomendasikan untuk di buka. Prinsipnya, seluruh potensi yang bisa memicu penularan agar dihindari,” jelasnya.

Ia juga memastikan jika bioskop kembali dibuka pihaknya akan melakukan pengawasan secara langsung. Bahkan hal ini akan terus dilakukan, hingga kasus penularan Covid-19 benar-benar terkendali.

“Kita terapkan sanksi tegas jika ditemukan ada pelanggaran” tegasnya.

Area Manager XXI Wilayah Indonesia Timur, Ahmad Yani Hafid, menyampaikan bahwa pihaknya akan menjalankan kesepakatan jika kebijakan pembukaan kembali bisokop ditetapkan oleh Pemerintah Kota Makassar. Seperti, mematuhi protokol kesehatan dan sebagainya.

“Kita akan melaksanakan seluruh poin-poin dalam kesepakatan, baik itu kapasitas penonton, penerapan protokol kesehatan, termasuk larangan aktifitas makan minum selama pemutaran film berlangsung,” ujarnya.

BACA:  Berita Baik! Hari Ini Tidak Ada Kasus Baru Covid-19 di 11 Propinsi

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT