Pandemi Covid-19, Pelabuhan Soekarno-Hatta Berhasil jadi Pelabuhan Sehat

Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
Suasana Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar pada malam hari

Makassar, SULSELSEHAT. COM — Kementerian Kesehatan RI menilai penerapan protokol kesehatan di Pelabuhan Soekarno-Hatta Kota Makassar di era adaptasi kebiasaan baru pandemi virus corona atau Covid-19 cukup ketat.

Kebijakan ini pun dinilai dapat menekan penularan di antara para penumpang.

JANGAN LEWATKAN :

Keberhasilan ini diapresiasi Kemenkes RI dengan memberikan penghargaan kepada PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) sebagai pengelola Pelabuhan Soekarno-Hatta sebagai Pelabuhan Sehat Tahun 2020.

Penghargaan ini dikeluarkan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-56.

BACA:  Antisipasi Laju Covid-19, Satgas Makassar Kembali Gencarkan Swab Massal di Puskesmas

Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, ada dua pelabuhan kelolaan yang berhasil meraih penghargaan tersebut, yakni Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang di Balikpapan.

“Selamat kepada Pelabuhan Makassar dan Pelabuhan Semayang atas penghargaan sebagai Pelabuhan Sehat Tahun 2020. Semoga penghargaan ini menjadi pemantik bagi pelabuhan lainnya di lingkungan Pelindo IV untuk juga terpacu menjadi Pelabuhan Sehat,” kata Toto dalam pernyataannya, Jumat (20/11/2020).

Dengan penghargaan ini, pihaknya pun akan semakin meningkatkan penerapan protokol kesehatan di wilayah Pelabuhan Soekarno-Hatta. Seperti menyiapkan jarak bagi pada penumpang, menjadikan seluruh wilayah pelabuhan sebagai daerah wajib masker, serta menyiapkan beberapa tempat mencuci tangan.

Untuk proses penilaian Pelabuhan Sehat Tahun 2020 dilakukan secara presentasi melalui virtual oleh Ketua Forum atau Pokja Pelabuhan Sehat serta melalui dokumentasi video sebagai pengganti verifikasi lapangan yang tidak dapat dilakukan saat kondisi pandemi Covid-19.

BACA:  Kantin di Kantor Gubernur Diminta Siapkan Alat Makan Sekali Pakai, Ini Kata Pegiat Lingkungan

Untuk mendapatkan penghargaan kategori Pelabuhan Sehat Tahun 2020, masing-masing pelabuhan harus dapat mengumpulkan nilai minimal 7.000 dari nilai tertinggi 10.000 sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Bandar Udara dan Pelabuhan Sehat.

Sekadar diketahui, pemberian penghargaan ini adalah untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pelaku usaha rumah makan atau restoran, jasa boga dan usaha sejenisnya yang telah menerapkan protokol kesehatan.

Begitu pun kepada terminal sehat, pelabuhan dan bandar udara sehat serta fasilitas pelayanan kesehatan yang telah bebas dari alat kesehatan yang mengandung merkuri, sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman dan sehat serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dan sekaligus menekan penyebaran Covid-19.

BACA:  Tunjang Kelengkapan Layanan Kesehatan, Aliyah Mustika Ilham Salurkan Alkes di 6 Kabupaten

Beberapa kategori penghargaan bidang kesehatan lingkungan 2020 yang diberikan, di antaranya Terminal Sehat, Pelabuhan Sehat dan Bandar Udara Sehat, Restoran atau Rumah Makan, Jasa Boga, Sentra Pangan Jajanan dan sejenisnya, serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang Bebas dari Alat Kesehatan Bermerkuri.

Baca berita terbaru SulselSehat.com langsung di email Anda, klik di sini untuk daftar gratis. Jangan lupa ikuti kami melalui Facebook @sulselsehatcom.

INFORMASI TERKAIT